Jarang Diketahui, 8 Manfaat Bambu Kuning untuk Kesehatan

Selasa, 22 Maret 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Jarang Diketahui, 8 Manfaat Bambu Kuning Untuk Kesehatan

Ilustrasi bambu kuning. (Special)

Ladiestory.id - Memelihara tanaman bambu kuning bisa membuat rumah tampak lebih asri dan segar. Tak hanya berfungsi sebagai tanaman hias saja, ternyata bambu kuning juga memiliki beberapa manfaat.

Beberapa mitos menyebutkan bambu kuning dapat dijadikan pagar untuk menangkal serangan gaib atau penangkal makhluk halus. Selain itu, bambu kuning ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

Jaga Kesehatan Hati

Ilustrasi jaga kesehatan hati. (Special)

Bagian tunas bambu kuning atau yang sering disebut rebung, memiliki kandungan senyawa hidroksi bemsadelhid yang terbukti bisa mengatasi kerusakan fungsi hati.

Tak hanya itu saja, kandungan kurkumin yang terdapat pada bambu kuning terbukti dapat membantu mengobati penyakit lever atau hepatitis A. Oleh sebab itu, banyak orang yang menggunakan rebung bambu kuning sebagai obat herbal.

Perbaiki Nafsu Makan

Ilustrasi perempuan konsumsi makanan sehat. (Special)

Bagi Kamu yang memiliki masalah nafsu makan, konsumsi aneka olahan rebung bambu kuning bisa menjadi solusi.

Memiliki kandungan seluosa yang tinggi, membuat rebung bambu kuning dipercaya dapat merangsang nafsu makan. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai sayur atau aneka olahan lainnya.

Kontrol Kolesterol

Ilustrasi kolesterol. (Special)

Manfaat lain yang bisa Kamu dapatkan ketika mengonsumsi rebung bambu kuning adalah kolestrol dalam tubuh akan lebih terkontrol. Sebab, rebung bambu kuning dapat melarutkan kolestrol jahat di dalam tubuh.

Tak hanya itu, rebung bambu kuning juga dapat melancarkan peredaran darah, dan menjaga kadar gula dalam tubuh.

Tingkatkan Imun Tubuh

Ilustrasi sistem imun kuat. (Special)

Rebung bambu kuning kaya akan asam fenolik yang berperan sebagai antioksidan. Seperti yang diketahui, antioksidan ampuh melawan virus penyebab penyakit. Oleh sebab itu, jika Kamu sering mengonsumsinya, maka sistem imun tubuh akan meningkat dan terhindar dari berbagai virus penyakit.

Cegah Asam Urat

Ilustrasi gejala asam urat. (Special)

Bagian bambu kuning lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah akar. Akar bambu kuning dipercaya dapat mencegah timbulnya gejala asam urat.

Biasanya asam urat sering terjadi pada kalangan perempuan yang telah memasuki masa menopause. Jika tidak segera ditangani, asam urat bisa menyebabkan kelumpuhan. Kamu bisa mencegahnya dengan cara mengonsumsi air rebusan akar bambu kuning satu gelas secara rutin.

Jaga Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Seiring bertambahnya usia, kerap muncul berbagai permasalah pada kulit wajah. Munculnya garis-garis halus pada wajah, kerap membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit secara alami adalah dengan mengonsumsi rebung bambu kuning. Kandungan vitamin C, E, dan antioksidan pada rebung bambu kuning dipercaya efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Tentu saja, manfaat rebung bambu kuning ini bisa Kamu peroleh dengan cara mengonsumsinya secara teratur.

Oobati Penyakit Campak

Ilustrasi penyakit campak. (Special)

Tak hanya batang dan akarnya saja yang berfungsi untuk kesehatan. Daun bambu kuning juga bisa digunakan untuk mengobati sakit campak.

Pengobatan tradisional ini sudah dilakukan oleh negara Kongo sejak zaman dulu. Caranya adalah dengan membalurkan ekstrak daun bambu kuning ke seluruh tubuh yang terkena penyakit campak, lakukan secara rutin sampai sembuh.

Beri Energi Positif

Ilustrasi bambu kuning. (Special)

Banyak orang meyakini jika bambu kuning dapat menangkal serangan yang tak kasat mata, seperti santet, pelet, hingga gendam. Hal tersebut dikarenakan bambu kuning dipercaya bisa memberikan energi positif dan menetralisir energi negatif.

Sehingga banyak orang yang menggunakan bambu kuning sebagai pagar rumah. Tak hanya itu saja, menurut fengshui, tanaman ini bisa mendatangkan keberuntungan bahkan kesehatan.