Segudang Manfaat Bangun Pagi Untuk Anak, Sehat Mental Maupun Fisik

Kamis, 5 Agustus 2021 | 05:23:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Segudang Manfaat Bangun Pagi Untuk Anak, Sehat Mental Maupun Fisik

Foto: Ladiestory.id

Bangun pagi lebih cepat artinya bangun lebih awal. Inilah yang sering kali menjadi kendala dan permasalahan banyak orang. Sebenarnya bangun pagi memiliki banyak manfaat.

Taukah kamu salah satu manfaat bangun pagi adalah menjadi orang sukses. Bagaimana bisa? Yap terbukti dari orang-orang yang sudah sukses rutin bangun pagi. Hal ini telah ditulis dalam sebuah buku yang bertajuk  “What the Most Successful People Do Before Breakfast” yang ditulis oleh Laura Vanderkam.

Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Anak

Dia menuliskan sejumlah nama pempin perusahaan atau  Chief Executive Officer (CEO) seperti Steve Reinemun, mantan CEO Pepsi Cola dan Spencer Stuart CEO Practice yang bangun pagi hari. Mereka mulai bangun pukul 5 pagi dan segera beribadah, kemudian membaca buku ataupun kitab suci, kemudian bersiap untuk berolahraga pukul 6 pagi.

Tak hanya menjadi orang sukses, bangun pagi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Oleh sebab itu, lebih baik membiasakan anak untuk bangun pagi. Bahkan terdapat segudang manfaat bangun pagi untuk anak.

 

1. Meningkatkan Prestasi

Foto: Ladiestory.id

Manfaat bangun pagi untuk anak dapat meningkatkan prestasi mereka. Bagaimana bisa? Sebab dengan bangun pagi, anak dapat mengulang pelajaran sebelum belajar di sekolah. Selain itu suasana pagi yang masih sejuk dan sunyi akan membuat anak lebih mudah menyerap materi pelajaran. 

Selain itu, ada sebuah studi kasus yang dilakukan oleh Texas University mengungkapkan bahwa siswa yang bangun pagi memiliki kinerja yang terbaik dan juga mendapat nilai lebih baik.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Foto: Ladiestory.id

Meningkatnya metabolisme tubuh menjadi salah satu manfaat bangun pagi untuk anak. Sebab dengan bangun pagi, anak akan memiliki waktu lebih untuk beraktifitas. Biasakan anak melakukan olahraga di pagi hari.

Sebab akan membuat anak lebih mudah untuk membakar lemak dan kalori makanan. Ketika anak kurang tidur, maka waktu reaksi lebih lambat dan tingkat tekanan darah mulai melonjak. Bahkan ketika anak mengalami stres, akan memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk makan berlebihan.

Selain itu, manfaat bangun pagi untuk anak adalah melancarkan pencernaan sebab dapat membuat racun dari tubuh

3. Pola Makan Sehat

Foto: Ladiestory.id

Jika anak telambat bangun, maka mereka tidak memiliki akan tergesa-gesa atau bahkan tidak memiliki waktu untuk sarapan. Padahal sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dalam sehari.

Bahkan sarapan yang anak makan umumnya dapat menentukan seperti makan siang dan makan selanjutnya, hal ini dilansir dari Everday Power. Rupanya salah satu manfaat bangun pagi untuk anak adalah meminimalisir mengonsumsi junk food untuk menu makan siang ataupun makan selanjutnya.

4. Kesehatan Mental

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Semakin sedikit tekanan anak karena cukup tidur, maka semakin kecil kemungkinannya untuk terkena insomnia, depresi, kecemasan, dan lain-lain, hal ini dilansir dari Everday Power. Selain itu, anak memiliki banyak waktu untuk bersiap-siap dan tidak harus terburu-buru di pagi hari.

5. Menyehatkan Pernapasan

Foto: Ladiestory,id

Secara klinis, bangun pagi dipercaya dapat menyehatkan pernafasan dikarenakan kandungan oksigen yang tertinggi dimulai di periode sepertiga malam terakhir sampai terbitnya matahari. Selain itu, menghirup udara di pagi hari juga membuat pikiran anak menjadi lebih segar.

Tips Membangunkan Anak di Pagi Hari

Memang memiliki banyak manfaat bangun pagi untuk anak. Namun sayangnya, mereka susah sekali untuk bangun pagi meskipun sudah dibangunkan. Lalu bagaimana caranya?

  • Waktu Tidur yang Disiplin

Kebutuhan tidur anak berbeda-beda tergantung pada usianya. Anak usia 35 tahun memiliki waktu 10-13 jam untuk tidur, usia 5-13 tahun memiliki waktu 9-11 jam untuk tidur, sedangkan diatas usia 13 tahun memiliki waktu 8-10 jam untuk tidur.

Nah agar anak mudah bangun pagi, seorang ibu harus menerapkan kebiasaan tidur pada jam yang telah ditentukan dan membangunkannya pukul 6 pagi. Meskipun hari libur, jadwal seperti ini tetap harus diterapkan agar anak terbiasa.

  • Belajar Bangun dengan Alarm

Alangkah baiknya mengajarkan memasang alarm pada anak sejak ini. Hal ini untuk melatih mereka rasa tanggung jawab sehingga tidak bergantung pada ibu yang selalu membangunkan. Berilah pengertian dan manfaat memasang alarm, lalu tentukan dan sepakati alarm yang akan dipasang. Bisa jadi memasang nada alarm yang digemari agar semangat bangun pagi.

  • Bangunkan dengan Cara Menyenangkan

Cara membangunkan anak di pagi hari memberi dampak bagi mereka. Oleb sebab itu, jangan membangunkan dengan cara meneriaki, memarahi, atau menarik selimutnya dengan kasar. Hal ini akan membuat mereka tidak suka bangun pagi.

Seorang ibu bisa membangunkan dengan cara yang halus yakni menyalakan lampu, membuka jendela kamar sehingga sinar matahari masuk. Memanggil nama anak dengan nada lembut dan mengelus punggungnya secara lembut.

Inilah manfaat bagun pagi untuk anak dan cara membangunkannya. Semua tidak bisa terjadi secara sempurna secara instan dalam jangka waktu sehari atau dua hari, sebab semuanya memerlukan suatu proses.