Manfaat Berendam di Air Dingin, Bantu Kurangi Lemak Tubuh

Senin, 26 September 2022 | 11:30:00

Manfaat Berendam Di Air Dingin, Bantu Kurangi Lemak Tubuh

Ilustrasi Berendam Air Dingin (special)

Ladiestory.id - Jumlah lemak tubuh yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi ,dan kanker. Jika kamu berjuang untuk menghilangkan lemak jahat dalam tubuh, cobalah berendam di air dingin.

Ilustrasi wanita Perut Buncit Lemak

Melansir The Health Site, berendam di air dingin dapat membantu membuang lemak tubuh 'jahat' dan mengurangi risiko penyakit diabetes. Fakta ini merupakan hasil tinjauan ilmiah yang diterbitkan dalam International Journal of Circumpolar Health.

Berdasarkan analisis dari 104 penelitian, penulis percaya, bahwa berenang di air dingin mungkin juga memiliki efek menguntungkan pada lemak 'baik'. Berendam dapat membantu membakar lebih banyak kalori sehingga melindungi tubuh dari obesitas dan penyakit kardiovaskular.

Ilustrasi es batu. (Special)

Menurut jurnal tersebut, berendam air dingin memiliki efek bagus pada jaringan adiposa coklat (BAT), sejenis lemak tubuh 'baik' yang membantu menjaga suhu tubuh dengan membakar kalori. Paparan air dingin tampaknya meningkatkan produksi protein adiponektin, yang membantu melindungi tubuh terhadap resistensi insulin, diabetes dan penyakit lainnya.

Kebiasaan berenang di air dingin semakin populer di seluruh dunia. Namun, para ahli memperingatkan terhadap risiko kesehatan yang terkait dengan berenang di air es, seperti hipotermia. Hipotermia atau suhu tubuh yang rendah adalah kondisi di mana suhu tubuh turun di bawah kisaran normal. 

Foto: kompas

Selain hipotermia, berendam di air dingin secara berlebihan dapat menyebabkan masalah jantung dan paru-paru. Hal ini berkaitan kejutan dari suhu yang sangat dingin.

Jika menurut kamu ide berendam di air dingin menarik, mulailah dengan secara bertahap. Selain itu, carilah orang lain yang sudah berpengalaman untuk mendampingi kamu.