Yuk Kenali 5 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan

Selasa, 30 Agustus 2022 | 14:00:00

Yuk Kenali 5 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Ilustrasi Buah Bit ( Healthline )

Ladiestory.id - Buah bit mungkin belum banyak dikenal oleh banyak orang. Namun, siapa sangka buah yang berwarna merah keungu-unguan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ya, buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Jadi, buah ini masih satu golongan dengan sayur-sayuran lainnya, seperti lobak.

Dengan banyak manfaat yang terkandung didalamnya, buah bit sering dicari untuk suplemen penambah atau penjaga kebugaran. Selain itu, manfaat buah bit juga biasa digunakan sebagai pewarna makanan alami dan pemanis campuran. Lalu, apa saja manfaat buah bit?

Kontrol Tekanan Darah

Ilustrasi pereiksa tekanan darah. (Special)

Buah bit sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang mempunyai tekanan darah tinggi. Dengan mengonsumsi buah bit, maka orang dengan riwayat tekanan darah tinggi bisa turun secara alami. Namun, kamu tetap perlu kontrol dengan rutin ke dokter terkait tekanan darah yang diderita.

Tingkatkan Kekuatan

Ilustrasi olahraga. (popsugar.com)

Selanjutnya, manfaat dari buah bit adalah dapat meningkatkan kekuatan, terutama bagi para olahragawan. Buah bit dapat menjadi makanan yang sangat ideal bagi olahragawan karena kaya akan nutrisi. Beberapa kandungan yang tersimpan didalam buah bit adalah nitrat yang memiliki fungsi untuk menjaga kebugaran tubuh.

Dilansir sebuah penelitian di Eropa, mengonsumsi buah bit dapat meningkatkan kemampuan mitokondria dalam menjalankan tugasnya memproduksi energi dari sel-sel dalam tubuh. Dengan begitu, performa fisikmu pun meningkat.

Bantu Pencernaan

Ilustrasi saat diare dan sakit perut. ( Medcare Hospital )

Kemudian, manfaat selanjutnya dari buah bit adalah dapat membantu pencernaan. Bagi kamu yang sering mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar, tentu dapat menggunakan khasiat buah bit ini.

Dengan mengonsumsi buah bit, tentu membuat saluran pencernaan akan baik, sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya sembelit. Dilansir penelitian Jurnal Nutrients, mengonsumsi buah bit sangat tepat jika mengalami sembelit dan wasir.

Tingkatkan Kemampuan Otak

Ilustrasi berpikir. (Special)

Berikutnya manfaat yang baik dari buah Bit adalah dapat meningkatkan kemampuan otak. Dilansir pubmed, buah bit mengandung nitrat yang dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, yakni sisi kognitif dengan cara melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah menuju otak kembali meningkat. Kemampuan otak juga akan meningkat seperti saat berpikir.

Turunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan. (Special)

Manfaat terakhir dari buah bit adalah dapat menurunkan berat badan. Selain olahraga, menu makanan yang rendah lemak diperlukan sebagai pendamping, sehingga tidak menimbulkan efek menaikkan berat badan.

Karena kandungan buah bit yang rendah kalori dan tinggi serat serta protein, hal itu dapat membantu mencapai target program diet. Bahkan, kandungan serat dalam buah bit juga dapat mengurangi nafsu makan, karena memiliki efek yang mengenyangkan.

Bagaimana Ladies? Saat ini pastinya bisa mengonsumsi buah bit untuk membuat tubuhmu selalu sehat, bukan?