Obati Berbagai Penyakit, 5 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Kamis, 28 Juli 2022 | 20:00:00

Obati Berbagai Penyakit, 5 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu (Special)

Ladiestory.id - Salah satu buah yang sudah dipercaya banyak orang untuk mengatasi berbagai penyakit adalah buah mengkudu. Buah yang berwarna hijau mengkilap dan memiliki bintik-bintik, ketika buahnya sudah tua maka bintik tersebut menjadi hitam.

Buah mengkudu (Morinda Citrifolia) merupakan buah yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Buah ini cukup populer untuk dikonsumsi sebagai obat herbal.

Manfaat Buah Mengkudu (Special)

Kandungan dari buah ini seperti Zat Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, vitamin dan mineral penting. Salah satu yang terpenting adanya selenium yang merupakan mineral yang mengandung antioksidan yang hebat.

Selain buahnya, banyak yang menggunakan daunnya untuk berbagai jenis sayuran. Memiliki nilai gizi yang tinggi yakni mengandung vitamin A dan menyembuhkan ambein.

Berikut manfaat buah mengkudu untuk kesehatan

Perbaiki Kerusakan Sel Dalam Tubuh

Ilustrasi perempuan sakit jantung. (Special)

Adanya polusi, asap rokok, racun ataupun paparan sinar matahari berlebih menyebabkan sel dalam jaringan tubuh cepat rusak. Jika sel-sel tubuh yang rusak ini bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit yang muncul seperti Jantung, diabetes, dan kanker.

Buah mengkudu memiliki manfaat untuk mencegah atau memperbaiki sel dalam tubuh yang rusak. Kamu dapat rutin memakan buah ini dan menjalani gaya hidup sehat, tidak merokok dan kurangi stres.

Turunkan Gula Darah

ilustrasi sakit gula darah Foto: Ladiestory.id

Buah ini dipercaya berguna untuk menurunkan gula darah dalam tubuh. Mengandung senyawa terpenoid yang berguna memperbaiki sel-sel organ pankreas. Ketika pankreas bekerja dengan baik maka dapat menghasilkan insulin, sehingga glukosa dalam tubuh terserap menjadi energi yang baik.

Turunkan Kolestrol dalam Tubuh

Ilustrasi wanita sakit. (Special)

Mengkudu memiliki manfaat untuk mendukung kesehatan jantung untuk menurunkan kadar kolestrol dan mengurangi peradangan. Kadar kolestrol jahat (LDL) yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung seperti peradangan kronis. Adanya kandungan zat antioksidan dan antiradang yang cukup tinggi pada buah mengkudu.

Stabilkan Kadar Gula

Ilustrasi orang sakit

Kadar gula yang tinggi atau tidak terkontrol akan menyebabkan diabetes tipe 2. Oleh sebab itu, kamu dapat mencegahnya dengan mengomsumsi buah mengkudu. Tak hanya itu, kamu juga perlu melakukan gaya hidup sehat, rajin berolahraga dan mengatur pola makan yang sehat dengan konsumsi sayur dan buah, serta kurangi gula berlebih.

Buah mengkudu memiliki manfaat meningkatkan efektivitas hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah.

Jaga Berat Badan Ideal

Menurunkan Berat Badan. (Special)

Buah mengkudu memiliki manfaat untuk mengurangi kolestrol atau lemak dan meningkatkan metabolisme. Tentu buah mengkudu akan menjaga berat badan dan mencegah obesitas.

Manfaat Buah Mengkudu (Special)

Kamu dapat mengomsumsi buah mengkudu dengan dibuat jus, dalam penelitian di Pacific Health Dialog mengungkapkan bahwa jus mengkudu aman dikonsumsi hingga 750 mL perharinya.

s