5 Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Rabu, 20 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi salak. (Special)

Ladiestory.id - Salak merupakan salah satu buah tropis yang dimiliki Indonesia. Buah ini memiliki kulit cokelat dan bersisik. Meski memiliki sisik tajam, namun daging buah salak memiliki rasa yang manis sekaligus gurih. Bahkan teksturnya yang renyah dan berair membuat buah ini cukup banyak digandrungi oleh banyak orang.

Di Indonesia, buah salak memiliki berbagai jenis tergantung dari asalnya, seperti salak madu dan salak gula pasir Bali. Dibalik keberagamannya, buah salak ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Nah, berikut beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan. 

Jaga Kesehatan Mata

Ilustrasi kesehatan mata. (Special)

Mengonsumsi buah salak dapat membantu kesehatan mata. Hal tersebut pun sudah diungkapkan dalam sebuah penelitian. Dilansir berbagai sumber, penelitian tersebut memaparkan bahwa buah salak memiliki kandungan beta karoten. Nah, kandungan inilah yang dapat membantu untuk menyehatkan mata.

Selain beta karoten, salak juga mengandung antioksidan. Kedua kandungan di dalam salak ini dapat membantu mencegah cacat mata, seperti rabun jauh.

Selain buah salak, sebenarnya buah semangka dan mangga juga memiliki kandungan beta karoten. Namun ternyata, salak memiliki kandungan beta karoten lima kali lebih banyak jika dibandingkan dengan semangka dan mangga.

Jaga Kesehatan Pencernaan

lustrasi pencernaan sehat. (Special)

Kerap kali orang enggan mengonsumsi salak karena konon dapat menyebabkan sembelit. Namun nyatanya, buah salak justru bisa menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan betakaroten yang ada dalam buah salak bantu menjaga pencerhaan tetap sehat.

Buah salak pun mampu menjadi obat diare, sebab mengandung tanin. Di sisi lain, jika Kamu mengonsumsi salah beserta kulit arinya, hal ini dapat mencegah sembelit.

Kontrol Kadar Gula Darah

Ilustrasi cek kadar gula darah. (Special)

Rupanya tak hanya daging buah salak yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun kulit buah salak juga bisa dikonsumsi sehingga bermanfaat untuk tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi kulit buah salak dengan dijadikan teh. Minuman kulit buah salak ini dapat membantu dalam regenerasi sel di pankreas, yang berguna untuk mengontrol diabetes.

Buah salak mengandung pterostilbene, yang merupakan agen penurun glukosa darah. Inilah yang dapat membantu tubuh mengendalikan diabetes. Agar kadar glukosa darah tetap terkontrol, dianjurkan untuk mengonsumsi buah salak secara rutin.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Pandemi membuat kita harus ekstra menjaga kesehatan agar terhindar dari virus. Untuk itu, kita membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang bagus. Berbagai cara dilakukan untuk menguatkan imun, salah satunya dengan mengonsumsi buah salak. Pasalnya, buah salak memiliki kandungan vitamin C.

Seperti diketahui, vitamin C mampu memperkuat sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi. Tak hanya itu, namun salak juga memiliki kandungan antioksidan.

Antioksidan yang ada di buah salak adalah karotenoid dan likopen. Kedua kandungan ini dapat meningkatkan imunitas karena mampu membantu menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak sel dan DNA tubuh.

Tingkatkan Memori Otak

Ilustrasi memori otak. (Special)

Buah salak juga dapat meningkatkan memori otak lantaran memiliki kandungan mineral dan berbagai bahan aktif. Kandungan ini mampu membantu meningkatkan aliran darah yang menuju ke otak.

Kandungan beta-karoten, pektin, dan potasium dalam salak berperan penting untuk meningkatkan daya ingat dan kognitif.

Itulah alasannya buah salak bisa dikatakan baik untuk meningkatkan memori. Bahkan sebuah studi mengatakan, buah salak turut membantu mengurangi stres oksidatif serta menurunkan risiko yang berkaitan dengan masalah kesehatan neurodegeneratif.