Tidak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Bubur Ayam Untuk Kesehatan

Jumat, 3 September 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Tidak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Bubur Ayam Untuk Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Bubur ayam menjadi salah satu jenis menu sarapan yang populer di kalangan masyarakat. Saking populernya, sampai ada tim cara makan bubur ayam diaduk dan tidak diaduk. Terlepas dari itu, sarapan dengan bubur ayam memang sungguh nikmat dan membuat perut jauh lebih kenyang. Eits, tidak hanya itu, menu sarapan ini juga baik untuk kesehatan, lho.

Manfaat Sarapan Bubur Ayam Untuk Kesehatan Tubuh

Bubur ayam biasa nya dijual pada pagi hari karena memang tujuan utamanya adalah untuk menu sarapan. Dalam satu porsi bubur ayam ini terdiri bubur nasi dengan topping suwiran ayam, cakwe, sambal, kerupuk, bubuk kedelai dan siraman kuah gurih. 

Cita rasa dari bubur ini lembut, gurih dengan sedikit pedas dari campuran sambal. Selain mengenyangkan, bubur ayam juga memiliki banyak manfaat.

1. Baik Untuk Sistem Pencernaan 

Manfaat Bubur Ayam
Foto: Ladiestory.id

Bubur ayam dipercaya sangat baik untuk sistem pencernaan khususnya saat pagi hari. Kudapan ini dapat membuat lambung dan limpa jauh lebih hangat. Terlebih lagi limfa memiliki peran untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga perlu nutrisi agar dapat bekerja dengan optimal. 

Dengan teksturnya yang lembut bubur ayam juga sangat baik untuk Anda yang sedang mengalami masalah pencernaan. Untuk Anda yang memiliki masalah sembelit, mengkonsumsi semangkuk bubur ayam di pagi hari sangat disarankan. 

2. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Manfaat Bubur Ayam
Foto: Ladiestory.id

Untuk Anda yang sedang dalam program diet ketat, jangan lupa untuk menyantap semangkuk bubur ayam di pagi hari. Meski bahan dasarnya adalah nasi, namun makanan ini terbukti rendah kalori sehingga tidak membuat gemuk. Tak hanya itu, karena rendah kalori bubur ayam juga dapat menahan rasa kenyang jauh lebih lama. 

3. Meredakan Stres dan Meningkatkan Mood 

Manfaat Bubur Ayam
Foto: Ladiestory.id

Tak banyak yang tahu bahwa menyantap bubur ayam di pagi hari dapat meredakan stres. Hal ini didukung oleh pernyataan bahwa di dalam bubur ayam mengandung antioksidan, lemak baik dan probiotik yang dapat mengatasi emosi dan rasa sakit. Dengan menyantap bubur ayam mood akan jauh lebih baik sehingga pikiran jauh lebih tenang dan happy

4. Membantu Mencegah Diabetes 

Manfaat Bubur Ayam
Foto: Ladiestory.id

Tidak hanya baik untuk sistem pencernaan, bubur ayam rupanya juga sangat bermanfaat untuk mencegah diabetes. Dalam semangkuk bubur ayam terbukti dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Untuk Anda dengan gejala obesitas dan diabetes, makan bubur ayam sangat direkomendasikan. 

5. Membantu Menyembuhkan Demam

Manfaat Bubur Ayam
Foto: Ladiestory.id

Manfaat terakhir dari mengkonsumsi bubur ayam di pagi hari adalah membantu menurunkan demam. Bubur ayam terbukti dapat membantu melawan infeksi serta meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan demam. Selain itu, rasa gurih dari makanan yang satu ini juga bisa meningkatkan nafsu makan ketika sedang sakit. 

Demikian ulasan seputar 5 manfaat bubur ayam untuk kesehatan. Jangan lupa imbangi dengan makan-makanan bergizi serta olahraga agar mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Berita Terkait