Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 12 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bunga telang, bunga yang memiliki keindahan yang luar biasa dan sejuta manfaat. Apa saja? Yuk kita intip sederet info mengenai bunga telang!

Tanaman Bunga Telang

Foto: Ladiestory.id

Bunga telang merupakan tanaman rambat yang tumbuh di tepi hutan atau kebun. Bunga telang sendiri memiliki warna ungu dan putih yang sangat indah. Selain keindahannya, bunga telang juga memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan sehari-hari kita.

Mungkin manfaat bunga telang, belum banyak diketahui masyarakat. Hal ini dikarenakan bunga ini dikenal sebagai tanaman hias yang tumbuh di pekarangan. Nah sekarang kita akan membahas manfaat bunga yang satu ini bagi kesehatan dan untuk kehidupan sehari-hari.

Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Pada saat ini bunga telang  cukup banyak diminati karena tak hanya menarik tetapi juga memiliki beragam khasiat. Hal seperti ini karena senyawa antioksidan di dalamnya.

Berikut ini sederet manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Daya Ingat

Sebenarnya ekstrak bunga telang bisa terbukti untuk meningkatkan kadar asetilkolin pada otak tikus. Asetilkolin adalah neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan otak.

Karena fungsinya yang berperan untuk mengurangi kehilangan memori, meningkatkan daya ingat, dan mempelajari sesuatu. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi bunga telang berkhasiat membantu kemampuan berpikit dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

2. Mengatasi Gangguan Kecemasan

Manfaat yang lain dari tumbuhan ini adalah dapat mengatasi gangguan kecemasan, dengan mengonsumsi teh bunga telang, lalu melakukan satu sesi yoga akan membantu mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder).

Tetapi dalam dosis tertentu, bunga telang berubah sifat menjadi adaptogenik. Ini bisa membantu tubuh mengatasi pemicu stres.

3. Mengandung Antioksidan

Memiliki kandungan ekstrak metanol dalam bunga telang, sangat berpotensi menjadi sumber antioksidan. Kandungan senyawa flavonoid, antosianin, dan fenolik dalam bunga telang juga manfaat untuk mengaktifkan peran antioksidan dalam tubuh.

Bunga telang dapat digunakan dalam proses terapi untuk mencegah atau memperlambat penyakit degeneratif. Walau begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut, untuk membuktikan khasiat bunga telang yang satu ini.

4. Menyembuhkan luka

Ekstrak dari biji bunga telang, mengandung flavonol glikosida. Sementara itu, ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik.

Saat sebuah penelitian diadakan, seorang peneliti memberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang, secara oral maupun dioles. Hasilnya, proses penyembuhan luka meningkat secara signifikan.

Manfaat Bunga Telang bagi Kehidupan Sehari-hari

Foto: Ladiestory.id

Selain bermanfaat bagi kesehatan, bunga telang juga biasanya digunakan sebagian orang untuk menjadi ekstrak tanaman sebagai pewarna makanan alami. Bunga telang juga ternyata berasal dari negara-negara di Asia Tenggara, tetapi manfaatnya sampai digunakan untuk pengobatan Ayurveda di India.

Namun selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bunga yang satu ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti salah satunya dijadikan teh untuk membantu mengatasi beberapa penyakit.

Untuk efek samping sendiri, hingga kini belum ada efek samping atau bahaya dari minum teh bunga talang. Hal ini karena bunga telang tergolong aman dan bisa menjaga kesehatan. Meskipun demikian, mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik. Mengingat kamu juga perlu memenuhi asupan cairan dengan air mineral.

Selain itu, kemungkinan efek samping dari mengonsumsinya secara berlebihan yaitu dengan munculnya  mual dan diare.

Begitu juga pada ibu hamil dan menyusui, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi bunga telang.

Nah, itu dia informasi seputar bunga telang. Sekarang kalian tahu jika bunga ungu yang sering kalian lihat dipekarangan tidak semata-mata hanya untuk mempercantik halaman rumah, tetapi juga bisa berguna bagi kesehatan atau dalam kehidupan sehari-hari.

Berita Terkait