Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan, Bisa Bantu Program Diet

Minggu, 21 November 2021 | 00:02:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Program Diet

Foto: Alodokter

Ladiestory.id - Bunga telang atau yang secara ilmiah disebut sebagai Clitoria ternatea adalah sebuah tumbuhan bunga yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Bunga telang memiliki warna ungu kebiruan yang sangat indah.

Umumnya, bunga telang diolah menjadi minuman teh dengan cara menyeduh bunganya. Hasilnya adalah cairan teh berwarna biru yang cantik. Jika ditambahkan dengan perasan lemon, maka warnanya berubah jadi ungu.

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Bunga telang tak hanya sekadar menawan, tapi juga punya segudang manfaat untuk kesehatan. Ini dia 7 manfaat bunga telang untuk kesehatan!

1. Bunga Telang Punya Kandungan Anti-inflamasi

Antiinsflamasi
Foto: Journal Extract 

Bunga telang kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam bunga telang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang mengakibatkan masalah kesehatan, seperti peradangan dan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Bunga telang juga mengandung senyawa anthocyanin, sejenis antioksidan yang juga ditemukan pada buah anggur dan blueberry. Anthocyanin dikenal mampu menjaga kesehatan jantung dan mengatasi peradangan pada tubuh

2. Bunga Telang Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Healthy skin
Foto: BeBeautiful 

Polifenol dan flavonoid yang terdapat dalam tumbuhan bunga telang dapat menstimulasi produksi kolagen dan elastin. Hasilnya, kulit pun terjaga kekencangannya.

Kemudian, dalam bunga telang terdapat juga zat anti-glycation yang mampu memperlambat proses penuaan pada kulit. Kemudian, zat anti-inflamasi yang terkandung dalam bunga telang alias butterfly pea mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini dan meredakan iritasi, gatal, dan kemerahan pada kulit.

3. Menjaga Otak Tetap Sehat

Ilustrasi otak
Foto: Makita.id

Manfaat bunga telang selanjutnya adalah untuk menjaga otak agar tetap sehat. Bunga telang diperkaya dengan kandungan Asetilkolin yang mampu meningkatkan kadar Asetilkolin di dalam otak.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Natural Remedies, bunga telang memiliki kemampuan untuk memperbaiki cara kerja otak yang berdampak pada kesehatan dan meningkatnya daya ingat.

4. Membantu Proses Penurunan Berat Badan

Diet
Foto: Alodokter

Mengonsumsi teh bunga telang secara rutin bisa menurunkan berat badan dengan mencegah pembentukan sel lemak yang menyebabkan naiknya berat badan.

Bunga telang memiliki kandungan katekin yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak tubuh lebih cepat juga. Apalagi kadar senyawa katekin EGCG bunga telang lebih tinggi daripada jenis teh lainnya.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Bunga telang juga punya kemampuan untuk mengobati luka. Ekstrak biji bunga telang mengandung flavonoid glikosida. Sedangkan tumbuhannya mengandung fenolik. Bunga telang bisa diaplikasikan dengan cara dioleskan di tubuh maupun diminum. Sama-sama efektif untuk mempercepat penyembuhan luka

6. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Mengonsumsi teh bunga telang secara rutin dapat mencegah kenaikan gula darah secara signifikan. Bunga telang mempunyai kandungan asam fenolik yang dapat mengendalikan penyerapan gula oleh tubuh sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

7. Memperbaiki Suasana Hati

Foto: Ladiestory.id

Bunga telang dapat membuat otot pembuluh darah jadi lebih rileks sehingga dapat mengatasi stres dan mengurangi gejala kecemasan. Asam palmitat yang terdapat dalam bunga telang memiliki peran sebagai obat antidepresan alami.

Demikianlah 7 manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini berguna untukmu ya!