5 Manfaat Cabai yang Perlu Kamu Tahu

Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:00:00

5 Manfaat Cabai Yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi penyuka Cabai ( freepik )

Ladiestory.id - Makanan pedas? Pasti langsung teringat dengan buah yang satu ini. Ya, cabai menjadi salah satu yang paling dicari oleh siapapun pecinta makanan pedas. Meski terkadang dapat menimbulkan masalah gangguan pencernaan, ternyata cabai juga memiliki banyak kasiat dan nutrisi di dalamnya yang bisa membuat tubuh lebih sehat.

Kurangi Rasa Nyeri

Cara Mengatasi Ambeien agar Tidak Kambuh. (Special)

Manfaat pertama dari buah cabai adalah dapat meredakan atau mengurangi rasa nyeri. Dilansir healthline, cabai memiliki khasiat untuk merangsang hormon endorfin yang berperan sebagai terapi mengurangi rasa nyeri atau sakit

Zat-zat yang ada di dalam cabai, seperti zat capsaisin, dapat bekerjasama dengan reseptor rasa nyeri, sehingga menimbulkan sensasi rasa panas yang membantu saraf memberikan sinyal untuk mengurangi rasa nyeri.

Kurangi Berat Badan

Ilustrasi melakukan diet. (Special)

Berikutnya, cabai dapat membantu program diet dan menurunkan berat badan. Hal tersebut karena zat capsaisin yang terdapat di dalam cabai dapat membantu membakar kalori atau lemak yang berlebih dalam tubuh, sehingga energi tubuh dapat lebih cepat terproduksi.

Kemudian dalam sebuah jurnal penelitian Appetite menyebutkan, bahwa mengonsumsi 2 miligram capsaicin per hari selama 3 bulan dapat membantu mengecilkan lingkar pinggang.

Pelihara Pencernaan

Foto: Ladiestory.id

Walaupun memang efek pedas dari cabai dapat menimbulkan gangguan pencernaan, tapi siapa sangka cabai dapat membantu memelihara pencernaan. Zat capsaisin ketika masuk ke dalam saluran pencernaan dapat menghasilkan anandamide yang dapat mengurangi peradangan di dalam saluran pencernaan.

Cegah Diabetes

Ilustrasi cek diabetes. (Special)

Manfaat keempat dari cabai adalah dapat mencegah diabetes. Cabai bisa membantu menjaga kadar gula agar tetap normal, sehingga tidak menimbulkan komplikasi penyakit diabetes melitus atau penyakit gula.

Sebuah penelitian dari jurnal agriculture dan kimia makanan menyebutkan, bahwa zat capsaisin yang berada di dalam cabai lah yang berperan menjaga kadar gula darah agar selalu normal. Selain itu, capsaicin juga bersifat penawar diabetes, sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Cegah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Ilustrasi perempuan sakit jantung. (Special)

Berikutnya, cabai dapat membantu mencegah gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Kandungan beberapa vitamin, seperti vitamin C, vitamin B6, asam folat, kalium, dan betakaroten dapat membantu kamu terhindar dari gangguan jantung atau bahkan serangan jantung mendadak.

Selain itu, vitamin B yang terdapat di dalam cabai juga dapat membantu mengurangi kadar homosistein, sehingga dapat mencegah rusaknya pembuluh darah dan mencegah penyakit stroke serta serangan jantung.