5 Manfaat Gerakan Lunge, Olahraga Ringan untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 10 Agustus 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Gerakan Lunge, Olahraga Ringan Untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi olahraga lunges. (popsugar.com)

Ladiestory.id - Ketika mendengar kata olahraga, yang terbesit dalam pikiranmu pasti gerakan yang melelahkan bukan? Ternyata, ada loh olahraga ringan yang memberikan manfaat maksimal pada kesehatan tubuhmu. Lunge merupakan latihan kekuaatan yang sering dilakukan seseorang untuk memperkuat, membentuk, dan mengencangkan tubuh, sekaligus meningkatkan kebugaran serta kinerja atletik tubuh.

Gerakan lunge dapat kamu coba sebagai salah satu pilihan olahraga. Tak hanya sekadar pemanasan, namun olahraga ini dapat memberi segudang manfaat. Lalu, apa saja manfaat gerakan lunge bagi kesehatan tubuh? Yuk,simak.

Bangun Otot

Manfaat gerakan lunge. (Special)

Manfaat pertama yang dapat kamu rasakan ketika melakukan lunge adalah meningkatkan kekuatan tubuh dan membangun ototmu. Sebab, gerakan ini secara fokus melatih kaki, meningkatkan kekuatan betis, paha belakang, glutes, dan seluruh otot utama yang ada di kaki.

Dalam melakukan gerakan lunge, tentunya membutuhkan keseimbangan dan untuk mencapainya. Kamu perlu melatih otot punggung bawah serta perut agar tetap tegak. Sehingga, latihan ini akan melatih otot inti dan menargetkan otot tubuh lainnya dalam waktu yang bersamaan.

Tingkatkan Kinerja Tubuh

Manfaat gerakan lunge. (Special)

Lunge merupakan gerakan yang sangat cocok untuk meningkatkan kinerja tubuhmu. Sebab, gerakannya melibatkan penggunaan beberapa kelompok otot sekaligus, seperti kaki, otot inti dan punggung supaya membantumu tetap tegak.

Ketika melakukan gerakan lunge, kamu akan menggunakan beberapa otot secara bersamaan, sehingga bekerja dengan sempurna untuk menciptakan gerakan yang benar. Ketika kinerja tubuh meningkat, maka akan memudahkanmu dalam beraktifitas mulai dari berjalan hingga berlari.

Perbaiki Kekuatan Tubuh

Manfaat gerakan lunge. (Special)

Bagi kamu yang ingin mempebaiki kekuatan tubuh, melakukan gerakan lunge adalah pilihan terbaik. Sebab, kamu melakukan lunge secara mandiri dengan menggunakan satu kaki pada satu waktu. Sehingga, kekuatan tubuh menjadi lebih baik dan melatih memperhitungkan asimetris otot.

Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki satu kaki lebih lemah atu memiliki banyak otot. Gerak ini mampu memperbaikinya dan menyimbangkan kekuatan tubuhmu. Selain itu, gerakan lunge sangat cocok bagi seseorang yang mengalami cedera kaki satu sisi. Sebab, gerakan lunge dapat membantu penyembuhan menjadi lebih cepat.

Tingkatkan Keseimbangan

Manfaat gerakan lunge. (Special)

Gerakan lunge juga sangat efektif membantu meningkatkan keseimbangan tubuhmu. Lunge diklasifikasikan sebagai jenis latihan yang unilateral. Berbeda dengan gerakan squat yang termasuk latihan bilateral, karena menggunakan dua kaki sekaligus. Lunge dalam proses melakukannya hanya menggunakan satu kaki dan hal itu membuat kamu perlu menjaga keseimbangan dengan baik.

Keseimbangan tubuh sangat erat kaitannya dengan proprioseptor yang merespons untuk melawan perubahan berat serta posisi. Kemudian, terciptalah sebuah tubuh yang memiliki kesimbangan. Lunge sangat cocok untuk melatih proprioseptor. Sebab, adanya perubahan posisi yang cepat dapat membantumu meningkatkan keseimbangan.

Jaga Kesehatan Tulang Belakang

Manfaat gerakan lunge. (Special)

Melakukan gerakan lunge sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang belakangmu secara keseluruhan, loh. Sebab, gerakan lunge dapat memberi efek seperti merosot atau terdekompresi. Hal inilah yang membuat tulang belakang kamu menjadi lebih rileks dan memiliki kesempatan untuk beristirahat.

Selain itu, tulang belakang menjadi bebas dari rasa sakit dan lebih fleksibel. Gerakan ini sangat cocok bagi kamu yang sering mengalami sakit punggung atau nyeri punggung. Latihan ini akan membantu tubuh inti dan kaki menjadi lebih kuat sehingga ketika menopang tubuhmu tidak akan mengalami ketegangan yang berlebihan.

s