Jarang Diketahui Banyak Orang, Ini 5 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

Jumat, 10 September 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Jarang Diketahui Banyak Orang, Ini 5 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Salmon merupakan jenis ikan dengan tekstur yang lembut yang mudah diolah untuk dikonsumsi. Di Indonesia, salmon banyak  ditemukan di pasar tradisional dan supermarket.

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan 

Salmon juga dikenal sebagai salah satu makanan paling bergizi di dunia. Oleh sebab itu, konsumsi ikan salmon akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi risiko berbagai penyakit. Simak lebih lengkapnya manfaat ikan salmon dibawah ini.

1. Kaya Dengan Vitamin B

Foto: Ladiestory.id

Ikan salmon mengandung banyak Vitamin B,  mulai dari vitamin B1-B6, B9, B12 A. Vitamin B brrguna dalam membantu tubuh untuk mengubah energi. Kemudian, ada juga vitamin B yang dapat membantu tubuh memperbaiki sel-sel DNA yang rusak.

Vitamin B telah terbukti mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat memicu penyakit jantung. Hal ini dibuktikan dengan adanya  penelitian yang mengatakan bahwa vitamin B dapat mengoptimalkan sistem otak dan saraf.

2. Memenuhi Kebutuhan Lemak Omega 3

Foto: Ladiestory.id

Ikan salmon adalah salah satu makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan lemak omega-3. Setiap 100 gram daging ikan salmon ternak mengandung lemak omega-3 sebesar 2.3 gram. Sementara itu, salmon liar, mengandung sekitar 2,6 gram.

Tubuh kita tidak bisa memproduksi lemak omega-3, sedangkan protein ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi ikan salmon adalah pilihan yang tepat. Sebuah studi pada 2012 menemukan bahwa mengonsumsi 0.45-4.5 gram lemak omega-3 bisa meningkatkan fungsi arteri di dalam tubuh. Mengonsumsi 2 porsi ikan salmon dalam waktu seminggu, bisa memenuhi kebutuhan lemak omega-3.

3. Sebagai sumber protein

Foto: Ladiestory.id

Salmon memiliki banyak protein kualitas tinggi. Seperti omega-3 lemak, yang merupakan protein penting dalam kehidupan sehari-hari. Protein memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti membantu tubuh cepat sembuh dari cedera, perlindungan tulang, untuk mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan dan proses penuaan. Setiap 3,5 ons daging salmon mengandung 22-25 gram protein. Tentu saja, jumlah protein yang sangat baik.

4. Seperti Sumber Potasium yang Baik

Foto: Ladiestory.id

Ikan salmon  berisi mengandung kalium yang tinggi. Dalam salmon liar, ada sekitar 18% kalium pada setiap 3,5 ons daging salmon. Pada sapi salmon, hanya ada 11%. Bahkan, salmon memiliki lebih banyak kalium daripada pisang. Dengan kata lain, salmon dapat membantu mengontrol tekanan darah dan resiko kecelakaan serebrovaskular juga menurun.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Berat

Foto: Ladiestory.id

Karena sebagian besar kandungan lemak dalam daging salmon adalah omega-3, maka asam lemak dapat mengurangi beberapa risiko penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, infark miokard atau tekanan ritmik, alzheimer, demensia dan penyakit kognitif lainnya.

Tidak hanya itu, hal ini juga percaya bahwa daging salmon untuk meringankan gejala rheumatoid arthritis, yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh tidak baik, nyeri atau bengkak pada sendi tangan atau kaki yang disebabkan oleh autoimun.

Itulah beberapa manfaat ikan salmon untuk kesehatan. Setelah mengetahui manfaatnya, jangan ragu untuk konsumsi ikan salmon, ya! Tentunya dalam batasan yang wajar.

Berita Terkait