5 Manfaat Kolang-kaling bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Jumat, 28 Oktober 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Ilustrasi kolang-kaling. (Special)

Ladiestory.id - Kolang-kaling atau palm fruit menjadi salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah yang berasal dari India ini banyak dijumpai pada beberapa olahan kuliner Indonesia, seperti kolak hingga es buah.

Teksturnya yang berair, kenyal, dan juga berwarna bening membuat buah satu ini terasa nikmat untuk dikonsumsi. Selain segar dan nikmat, ternyata kolang-kaling memiliki manfaat bagi kesehatan lho, Ladies.

Dalam kolang-kaling, diketahui terdapat kandungan seperti serat, protein, vitamin C, A, E, dan K, karbohidrat, fitonutrien, kalsium, zat besi, kalium, seng, dan fosfor. Lalu, apa saja manfaat kolang-kaling bagi kesehatan? Simak informasinya berikut ini.

Turunkan Berat Badan

Ilustrasi timbangan. (Special)

Kolang-kaling dapat membantu menurunkan berat badan. Kolang-kaling diketahui memiliki kandungan air dan gelatin yang cukup tinggi. Adanya kandungan tersebut dapat memberikan rasa kenyang dalam jangka waktu lama jika kamu mengonsumsinya.

Dengan menjadikan kolang-kaling sebagai camilan sehat, maka kamu akan merasa cepat kenyang dan dapat mengendalikan nafsu makan. Selain itu, kolang-kaling juga tergolong rendah kalori, sehingga aman dikonsumsi saat diet.

Atasi Masalah Pencernaan

Ilustrasi pencernaan sehat. (Special)

Kolang-kaling juga mampu membantu mengatasi masalah pencernaan. Jika kamu mengalami masalah pencernaan, seperti kembung, hingga mual, kamu bisa mengonsumsi kolang-kaling secara rutin. Adanya kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya dinilai efektif untuk menyembuhkan masalah pencernaan tersebut. 

Selain itu, mengonsumsi kolang-kaling juga dapat menghindarkan kamu dari risiko dehidrasi. Hal ini dikarenakan kolang-kaling mampu membantu menjaga cairan dan elektrolit dalam tubuh, berkat adanya kandungan potasium, natrium, dan mineral.

Hilangkan Gatal

Ilustrasi gatal. (Special)

Kandungan mineral pada kolang-kaling ternyata juga dapat membantu mengatasi masalah gatal pada kulit. Jika kamu mengalami masalah gatal, seperti ruam kulit, kamu bisa mengoleskan kolang-kaling pada area yang gatal.

Kolang-kaling memiliki sifat yang menenangkan, sehingga akan membuat kamu merasa nyaman dan tidak merasakan gatal kembali. Selain itu, masalah kulit lainnya, seperti cacar air, juga dapat diobati dengan menggunakan kolang-kaling. Tak hanya mampu meredakan iritasi kulit yang terjadi, kolang-kaling juga dapat membantu proses penyembuhan cacar air menjadi lebih cepat.

Cegah Osteoporosis

Ilustrasi osteoporosis. (Special)

Osteoporosis merupakan suatu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh. Osteoporosis tak hanya menyerang lansia namun juga banyak dialami oleh anak muda. Kekurangan kalsium merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya osteoporosis.

Jika telah terkena osteoporosis, kamu akan merasakan persendian menjadi nyeri dan dapat mengganggu aktivitas. Nah, agar kamu terhindar risiko osteoporosis, kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi kalsium, seperti susu maupun kolang-kaling. Kolang-kaling memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis, jika kamu mengonsumsinya secara rutin.

Tingkatkan Imunitas

Ilustrasi perempuan sehat. (Special)

Adanya berbagai macam kandungan dalam kolang-kaling dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga, kamu tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu, kolang-kaling juga diketahui memiliki manfaat dapat membantu melawan masalah penuaan, mempertahankan mineral dalam tubuh, dan juga mengurangi risiko masalah kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah kolang-kaling, sebaiknya konsumsi kolang-kaling secara rutin, tapi tidak berlebihan. Selain itu, sebaiknya konsumsi buah yang tidak terlalu matang dan perhatikan cara pengolahannya yang benar, agar kamu dapat terhindar dari risiko sakit perut akibat buah kolang-kaling ini.