5 Manfaat Konsumsi Ikan Sarden

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Konsumsi Ikan Sarden

Ilustrasi sarden. (Special)

Ladiestory.id - Meski sering dianggap remeh karena dianggap ikan kalengan. Nyatanya, ikan sarden memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ikan sarden merupakan ikan berlemak yang berukuran kecil dan biasa ditemukan dalam bentuk kalengan.

Selain kaya akan protein dan lemak baik, ikan sarden juga sumber zat besi dan kalsium. Bahkan, ikan sarden juga aman dikonsumsi bagi ibu hamil, loh. Nah, bagi kamu yang penasaran. Yuk, simak manfaat yang terkandung dalam ikan sarden.

Tingkatkan Kolesterol Baik

Ilustrasi kolesterol. (Special)

Ternyata, mengonsumsi ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi membuktikan, suku Inuit Eskimo yang terbiasa mengonsumsi ikan dengan kandungan asam lemak omega-3, memiliki kolesterol HDL yang meningkat dan mengalami penurunan trigliserida.

Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi Hipertensi (Special)

Kamu harus waspada dengan masalah kesehatan berupa tekanan darah tinggi. Sebab, jika diabaikan, penyakit stroke siap menghampiri kapan saja. Oleh karena itu, kamu memerlukan kandungan asam lemak omega-3 dalam tubuh. Sehingga, efektif membantu dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Atasi Masalah Jantung

Ilustrasi jaga kesehatan hati. (Special)

Peran sebuah nutrisi bernama asam lemak omega-3 terbukti sangat ampuh mengatasi penyakit kardiovaskular. Sehingga, dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan penyakit jantung. Sebab, dengan mengonsumsi ikan sarden membuat seseorang mengurangi konsumsi lemak jenuh yang jahat bagi tubuh.

Turunkan Kadar Trigliserida

Foto: Ladiestory.id

Selain membantu dalam menangani masalah kesehatan yang berhubungan dengan aliran darah, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan sarden juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita penyakit diabetes.

Sebab, ikan sarden berperan dalam menurunkan kadar trigliserida dan apoprotein (penanda diabetes) yang sangat baik bagi penderita diabetes. Namun, kamu juga memerlukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui takaran yang tepat untuk mengkonsumsi ikan sarden.

Kurangi Risiko Penyakit Rheumatoid Arthritis (RA)

Cara Mengatasi Ambeien agar Tidak Kambuh. (Special)

Rheumatoid Arthritis merupakan penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian sendi. Ketika penderita mengonsumsi asam lemak omega-3, maka dapat membantu secara efektif untuk menurunkan resiko gejala RA dan rasa kram yang terasa saat pagi hari.

Selain itu, mengonsumsi ikan sarden secara rutin dapat memberi dampak baik pada penderita osteoarthritis. Banyak sekali bukan manfaatnya?

Kurangi Gejala Lupus

Kebiasaan Pakai Handuk Badan untuk Wajah (Special)

Penyakit langka ini diderita oleh beberapa orang. Sayangnya, hingga kini masih belum ditemukan obat yang tepat untuk penanganan secara efektif. Namun, sebuah penelitian menunjukkan adanya EPA pada kandungan ikan sarden berperan dalam menurunkan gejala lupus. Kondisi ketika auto imun dalam tubuh sering mengalami kelelahan disertai dengan timbulnya rasa nyeri.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam ikan sarden. Namun, saat melakukan pembelian ikan sarden utamakan yang mengandung minyak zaitun ya, Ladies. Sehingga, lemak yang dikonsumsi lebih sehat dan jangan lupa untuk cek tanggal kadaluarsa saat akan membelinya.

Pastikan sarden pilihanmu beraroma segar dan teksturnya padat. Selain mengkonsumsi sarden, kamu juga perlu menjaga Kesehatan dengan olahraga dan rutin mengkonsumsi buah serta sayuran. Selamat mencoba dan salam sehat, Ladies!

s