5 Manfaat Konsumsi Keju bagi Kesehatan Anak, Bikin Jantung Lebih Sehat

Senin, 24 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Manfaat Konsumsi Keju Bagi Kesehatan Anak, Bikin Jantung Lebih Sehat

Ilustrasi keju. (Special)

Ladiestory.id - Selain makanan manis, beberapa anak juga gemar menyantap keju. Kandungan kalsium yang tinggi dalam keju dapat membuat anak menjadi lebih sehat dan cerdas.

Tak hanya enak disantap, keju juga bermanfaat bagi kesehatan, lho. Apa saja? Ladiestory.id merangkum  lima manfaat mengonsumsi keju bagi kesehatan anak.

Cegah Diabetes

Ilustrasi cek gula darah. (Special)

Keju terbuat dari susu murni yang telah difermentasi dan kaya akan sumber kalsium, lemak dan protein, yang baik bagi pertumbuhan anak. Salah satu manfaat dari keju ialah dapat membantu mencegah anak mengalami diabetes.

Diabetes bisa diidap siapa saja dan tanpa mengenal batasan usia, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Lemak jenuh yang terdapat dalam keju dapat membantu menurunkan kadar diabetes tipe 2. Tak hanya itu, kalsium yang terkandung dalam keju juga dapat meningkatkan sekresi insulin dan mengurangi resistensi terhadap insulin.

Sehatkan Tulang dan Gigi

Ilustrasi anak. (Special)

Keju mengandung kalsium yang sangat baik untuk menguatkan tulang anak. Agar anak-anak dapat terhindar dari osteoporosis di kemudian hari, maka mengonsumsi keju menjadi salah satu pilihan baik, yang dapat ibu siapkan untuk konsumsi hariannya.

Keju juga mengandung protein serta vitamin D yang baik untuk menguatkan dan menyehatkan tulang anak sejak dini. Selain itu, susu sebagai bahan dasar dari pembuatan keju juga kaya akan kandungan kalsium, yang dapat berfungsi untuk mencegah gigi berlubang pada anak, serta dapat merangsang pertumbuhan gigi baru bagi anak-anak.

Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Ilustrasi anak. (Special)

Mengonsumsi keju juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan keju mengandung proiotik yang dapat meningkatkan dan memperkuat sistem metabolisme pada tubuh anak, serta mencegah terjadinya berbagai penyakit yang dapat menyerang daya tahan tubuh anak.

Keju juga mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas pada tubuh anak. Sehingga, dapat menjaga anak dari infeksi virus dan bakteri jahat yang akan masuk kedalam tubuh. 

Seimbangkan Tekanan Darah

Ilustrasi anak. (Special)

Mengonsumsi keju juga dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah serta mencegah terjadinya risiko hipertensi. Maka dari itu, keju juga bermanfaat sebagai salah satu makanan bergizi yang dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah.

Cegah Penyakit Jantung

Ilustrasi anak. (Special)

Mengonsumsi keju juga dapat mencegah anak mengalami risiko penyakit jantung. Pasalnya, kandungan mineral, kalsium, kalium, magnesium, riboflavin dan B12 dalam keju dapat mencegah penyakit jantung serta terjadinya risiko penyakit stroke.

Meski keju memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak, ibu tetap harus memperhatikan makanan sehat lainnya untuk membantu menunjang pertumbuhan anak. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa ada anak yang alergi terhadap keju dan olahan susu.