Kerap Dijadikan Tumis, Sayur Kangkung Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Senin, 3 Januari 2022 | 13:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Kerap Dijadikan Tumis, Sayur Kangkung Punya Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

Ilustrasi olahan kangkung. (Special)

Ladiestory.id - Di Indonesia, tumis kangkung belacan atau cah kangkung terasi menjadi salah satu olahan sayur yang cukup banyak digemari. Belacan merupakan istilah penyebutan terasi bagi masyarakat Melayu. Dengan menambahkan belacan pada tumis kangkung bisa membuat rasanya sangat khas dan memiliki aroma yang menggoda.

Manfaat Konsumsi Sayur Kangkung

 

Ilustrasi sayur kangkung. (Special)

Sayur kangkung sangat mudah dijumpai di Indonesia, karena sebagian besar masyarakat membudidayakannya untuk kebutuhan konsumsi maupun untuk dijual. Selain nikmat untuk disantap bersama nasi dan lauk pauk, mengonsumsi sayur kangkung diketahui juga bisa memberi manfaat bagi kesehatan.

Manfaat yang diberikannya ini tak lain karena kangkung mengandung banyak sekali nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Dalam 100 gram setidaknya terdapat berbagai kandungan nutrisi berikut ini.

  • Energi 19 kcal
  • Karbohidrat 3,14 gram
  • Serat 2,1 gram
  • Lemak total 0,2 gram
  • Protein 2,6 gram
  • Kalium 312 mg
  • Natrium 113 mg
  • Kalsium 77 mg
  • Fosfor 39 mg
  • Magnesium 71 mg
  • Zat besi 1,67 gram           

Kandungan kalori di dalam sayur kangkung juga sangat rendah. Sehingga tetap aman dikonsumsi bagi Kamu yang sedang menjalankan program diet.

Karena mengandung berbagai nutrisi dan gizi di dalamnya, berikut Ladiestory.id merangkum sederet manfaat kesehatan yang bisa Kamu dapatkan saat mengonsumsinya.

1. Mencegah Anemia

Ilustrasi gejala anemia. (Special)

Zat besi diperlukan untuk merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh. Beruntungnya, kangkung sangat kaya akan kandungan zat besi. Sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang mengalami gejala anemia, seperti lemah, lesu, dan sering sakit kepala.

2. Bagus untuk Kesehatan Mata

Memiliki mata sehat pastinya menjadi dambaan bagi siapa saja. Untuk mendapatkan mata yang sehat, Kamu juga perlu merawatnya dengan baik. Mengonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin A bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan.

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang juga memiliki kandungan vitamin A di dalamnya. Selain itu, kangkung juga memiliki kandungan lutein dan karotenoid yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi kangkung, beberapa penyakit mata berbahaya seperti katarak bisa dicegah.

3. Meningkatkan Kualitas Otak

Siapa sangka jika hanya dengan mengonsumsi sayur kangkung juga bisa membantu meningkatkan kualitas otak. Hal ini ternyata lantaran kangkung memiliki kandungan Omega-3 yang memang dikenal sangat bagus untuk otak.

Selain itu, kangkung juga mengandung vitamin B kompleks yang turut berperan untuk meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Karena manfaatnya inilah, akan sangat baik jika memberikan anak-anak sayuran kangkung untuk dikonsumsi di masa pertumbuhannya.

4. Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Ilustrasi menjaga kesehatan jantung. (Ladiestory.id)

Untuk mengupayakan kesehatan jantung, ada banyak cara yang bisa Kamu lakukan. Menerapkan gaya hidup sehat menjadi salah satu cara yang sangat direkomendasikan. Untuk asupan makanan sehari-hari, Kamu bisa coba rutin mengonsumsi sayur kangkung.

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan di dalam kangkung sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kangkung juga memiliki kandungan folat yang berguna untuk mengubah zat homosistein pada tubuh agar tidak tinggi kadarnya. Sebab homosistein yang tinggi inilah yang menjadi penyebab stroke dan serangan jantung.

5. Mengurangi Radang Usus

Kandungan zat aktif di dalam sayur kangkung bisa bekerja sebagai antibakteri. Kandungan tersebut antara lain saponin, alkaloid, asam amino, flavonoid, glycoside, dan tannin. Dengan mengonsumsi sayur kangkung bisa membantu mengurangi peradangan usus akibat berbagai bakteri berbahaya seperti Salmonella, Staphylococcus aures, dan E. Colli.