Banyak Nutrisi, Inilah 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Kundur

Jumat, 3 Desember 2021 | 07:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Banyak Nutrisi, Inilah 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Kundur

Foto: bibliotika

Ladiestory.id - Buah kundur atau bligo merupakan buah dari Asia Selatan yang tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia. Memiliki nama botani benincasa hispida buah ini masih satu kerabat dengan jenis labu. Buah kundur memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah, buah kundur, beligo, bligo, dan baligo.

Manfaat Buah Kundur

Memiliki bentuk kombinasi antara timun dan labu, buah kundur selain enak diolah sebagai makanan yang lezat ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengandung vitamin C, B1, B2, kalsium, dan zat besi membuat buah kundur dipercaya untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Berikut penjelasan mengenai manfaat buah kundur bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Foto: Kompas

Selain rendah kalori buah kundur memiliki kandungan serat dan air yang tinggi, sehingga dapat menjaga sistem pencernaan. Beberapa masalah pencernaan yang bisa dicegah antara lain sakit perut, sembelit dan wasir. Tidak hanya itu, kandungan serat yang ada di dalam buah kundur juga dapat melancarkan penyerapan nutrisi dari usus.

2. Mencegah Diabetes Tipe 2

Manfaat lain dari buah kundur adalah mencegah diabetes tipe 2. Kondisi ini disebabkan karena sel-sel di dalam tubuh yang tidak berinteraksi secara normal dengan insulin, sehingga membuat pankreas tidak dapat mengatur gula darah. Dengan mengkonsumsi buah kundur dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah, insulin dan trigliserida.

3. Mencegah Flu

Foto: Hellosehat

Di musim pancaroba ini menyebabkan kondisi tubuh lebih rentan terhadap penyakit, salah satunya flu. Mengkonsumsi buah kundur secara rutin dapat mencegah penyakit flu.

Buah ini memiliki kandungan vitamin C dan Zinc yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu. Buah kundur dapat kamu konsumsi dengan cara direbus, dipanggang atau dimakan secara langsung.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Foto: CNN Indonesia

Buah kundur ternyata bisa digunakan untuk diet juga lho. Memiliki kandungan senyawa isothiocyanate buah ini terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Kamu bisa mengonsumsi buah kundur sebelum memakan makanan berat, agar tetap bisa mengontrol berat badanmu.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, tentunya kamu membutuhkan asupan fosfor. Hal itu bisa kamu dapatkan dalam buah kundur, kandungan fosfor yang terdapat didalamnya membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang keropos.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Foto: pfimegalife

Manfaat buah kundur lainnya adalah mencegah penyakit jantung. Diperkaya dengan zat besi, kalsium, dan kaya akan anti-oksidan dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan kamu mengkonsumsi buah kundur secara rutin.

7. Mencegah Penyakit Asma

Mengonsumsi buah kundur secara rutin juga dapat mencegah penyakit asma, hal ini dikarenakan buah kundur juga mengandung magnesium yang dapat mencegah sesak nafas.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dari buah kundur. Manfaat buah kundur akan kamu rasakan secara optimal jika kamu mengonsumsinya secara rutin dan membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.