Tak Perlu Ragu, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Ikan Untuk Kesehatan

Rabu, 22 September 2021 | 11:14:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Tak Perlu Ragu, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Ikan Untuk Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung gizi esensial yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecerdasan. Dalam ikan terkandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak dan Omega 3, 6, 9.

Manfaat Konsumsi Ikan

Kandungan asam amino dan omega 3 dalam ikan termasuk yang lebih baik dibandingkan dengan bahan pangan atau sumber protein lainnya. Bukan hanya itu, kita perlu mengkonsumsi ikan secara tepat dari segi memilih jenis ikan dan mengolahnya supaya memberikan manfaat secara maksimal bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi ikan secara rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan jika rajin menyantap ikan.

1. Meminimalkan risiko penyakit jantung

Manfaat Mengonsumsi Ikan
Foto: Ladiestory.id

Untuk para penderita penyakit jantung mampu dikurangi dengan rutin makan ikan. Dampak yang baik pada kesehatan dengan  menurunkan risiko penyakit jantung koroner yang fatal.

Selain itu, kandungan ikan memiliki asam lemak omega-3 yang sehat sehingga mengurangi peradangan, melindungi jantung dan mencegah penyakit kronis.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Badan Penelitian dan Kualitas Kesehatan menyampaikan jika ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata. Bukan hanya itu, ikan dianggap sebagai sumber lemak terbaik.

3. Terhindar dari insomnia sehingga mampu tidur lebih nyenyak

Manfaat Mengonsumsi Ikan
Foto: Ladiestory.id

Makan ikan mampu mengurangi masalah insomnia karena mampu meningkatkan kualitas tidur.

4. Kandungan pada ikan memberikan nutrisi penting yang tinggi

Biasanya ikan yang berlemak seperti salmon dan tuna memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Ikan mengandung omega-3 yang tinggi sehingga memberikan nutrisi seperti protein dengan kandungan kolesterol yang rendah.

5. Ikan Merupakan Sumber Besar Vitamin D

Manfaat Mengonsumsi Ikan
Foto: Ladiestory.id

Salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin D tinggi adalah ikan. Vitamin D bermanfaat untuk penyerapan kalsium bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang.

Kandungan Gizi Berbagai Jenis Ikan dan Olahannya yang Perlu Diketahui

Manfaat Mengonsumsi Ikan
Foto: Ladiestory.id

Penjelasan mengenai kadar protein pada ikan segar atau olahan cukup tinggi, seperti cakalang 24,2 persen, tuna 23,7 persen, bandeng 21,7 persen, lemuru 20,2 persen, ikan mas 16 persen, pindang 27 persen, ikan asap 30 persen, ikan asin 42-50 persen, udang segar 21 persen, dan udang kering 62,4 persen.

Secara umum, kandungan lemak ikan rendah dibawah 5 persen. Beda halnya, dengan kandungan lemak ayam yang mencapai 25 persen. Ikan diketahui kaya akan kalsium, fosfor, besi, Vitamin A dan B1.

Pola Memakan Ikan yang Tepat Sehingga Bermanfaat Bagi Kesehatan 

Foto: Ladiestory.id

Mulailah dengan mengkonsumsi ikan sebanyak dua porsi per minggu supaya mencegah atau mengurangi resiko mengidap serangan jantung. Selain itu, ada indikasi masyarakat gemar makan ikan memiliki umur harapan hidup yang lebih panjang.

Hal ini disebabkan karena di dalam minyak ikan ada asam lemak tidak jenuh, Omega eikosapentaenoat (EPA) dan dokosaheksaenoat (DHA) sehingga menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, ada kandungan trigliserida dan lipoprotein darah yang mampu menjaga ritme kerja jantung sehingga teratur kembali dan terhindar dari penyakit serangan jantung semakin diperlambat.

Itulah beberapa manfaat ikan yang menyehatkan serta informasi tentang kandungan gizi dalam berbagai jenis ikan dan pola mengonsumsi ikan yang sehat. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Berita Terkait