Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Menikah Muda yang Perlu Diketahui

Minggu, 29 Agustus 2021 | 06:36:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Menikah Muda yang Perlu Diketahui

Foto: Ladiestory.id

Tak sedikit orang mengatakan bahwa menikah muda atau menikah di usia yang lebih dini adalah ide yang buruk. Hal ini karena menikah muda dianggap seolah telah membuang banyak kesempatan emas yang mungkin bisa didapatkan apabila tetap melajang. Beberapa orang juga terburu-buru menilai tentang orang yang memutuskan menikah muda.

Pada zaman dahulu, bukan hal yang tabu bagi wanita untuk menikah sebelum berusia 20 tahun. Bahkan tak jarang wanita yang memutuskan untuk naik pelaminan dengan usia yang lebih muda lagi.

Namun, perspektif masyarakat telah mengalami pergeseran. Di mata masyarakat, seseorang yang menikah sebelum umur 25 dianggap tidak normal, bodoh, atau karena terpaksa. Terlebih lagi dengan adanya anggapan bahwa menikah muda rentan mengalami perceraian.

Manfaat Menikah Muda

Namun, menikah muda tidak selalu berujung negatif. Ada beberapa keuntungan yang didapat dari meikah muda. Apa saja? Berikut 5 manfaat menikah muda yang perlu Anda ketahui.

1. Dapat berpetualang bersama pasangan

Foto: Ladiestory.id

Menikah bukan hanya tentang kebahagiaan saat hari pernikahan saja. Pernikahan perlu adanya komitmen antara pasangan untuk mengarungi hidup bersama. Setelah menikah, ada beberapa perbedaan dalam siklus harian yang perlu dijalani.

Namun, petualangan hidup dengan berbagai tantangan tersebut dapat Anda lalui bersama pasangan. Selain itu, apabila Anda dan pasangan hobi jalan-jalan, kalian dapat mengeksplor berbagai tempat wisata bersama.

2. Belajar mengontrol keuangan

Bagi pasangan yang menikah muda, beberapa dari mereka mungkin masih belum matang secara fiansial. Namun, fase yang sulit tersebut dapat membentuk pasangan muda untuk dapat belajar mengatur keuangan bersama.

Apabila Anda dan pasangan sama-sama bekerja, kondisi finansial Anda dapat terbantu dengan saling back-up untuk urusan keuangan.

3. Tumbuh dan belajar banyak hal bersama

Foto: Ladiestory.id

Semakin banyak hari yang dilalui bersama, dapat membuat pasangan saling memahami satu sama lain. Kekurangan yang ada pada suami dapat ditutupi dengan kelebihan istri, begitupun sebaliknya.

Take and give dalam rumah tangga itu penting. Sehingga, Anda dan pasangan dapat belajar hal-hal baru dan dari situlah Anda dan pasangan dapat tumbuh bersama.

4. Saling mendukung

Salah satu keuntungan menikah muda adalah adanya seseorang yang selalu mendukung setiap keputusan dan keinginan baik Anda. Dukungan ini dapat berupa keputusan dalam bidang pendidikan maupun karier.

Saat pasangan berusaha untuk menyelesaikan pendidikan atau menggapai karier impiannya, sudah pasti pasangan akan mendukung dan memberikan semangat. Hari-hari yang berat dengan segala pekerjaan rumah, bukan tidak mungkin akan terasa mudah untuk dijalani.

5. Jarak usia yang tidak terpaut jauh dengan anak

Foto: Ladiestory.id

Usia muda merupakan usia dimana organ reproduksi tubuh dalam kondisi lebih baik, siap, dan sehat untuk memiliki momongan. Dengan begitu, jarak usia Anda dan anak tidak akan begitu jauh apabila langsung dikaruniai buah hati.

Kehadiran Si Kecil dalam keluarga juga dapat memengaruhi kondisi finansial. Saat anak mulai tumbuh remaja atau mempersiapkan diri untuk kuliah, bahkan menikah, Anda masih dalam usia produktif. Hal ini berarti, Anda masih dapat menjaga keuangan keluarga.

Beberapa manfaat menikah muda d atas dapat menunjang kehidupan pernikahan yang lebih bahagia. Namun, tentunya para pasangan yang memutuskan menikah muda perlu belajar tentang konflik yang harus dihadapi di masa depan.

Berita Terkait