Atasi Lelah, Ini 6 Manfaat Mindful Breathing bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Rabu, 4 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Atasi Lelah, Ini 6 Manfaat Mindful Breathing Bagi Kesehatan Tubuh Dan Jiwa

Ilustrasi mindful breathing. (Special)

Ladiestory.id - Kelelahan fisik akibat padatnya aktivitas kerap membuat seseorang mengalami stres. Maka dari itu, biasakan untuk beristirahat sejenak dan menarik napas dalam-dalam agar tubuh dapat tetap rileks.

Bernapas dengan penuh kesadaran atau yang disebut dengan mindful breathing dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan pikiran. Selain dapat mengatasi rasa lelah, mindful breathing juga membantu mengatasi mental breakdown. Nah, berikut enam manfaat mindful breathing bagi kesehatan tubuh dan jiwa yang telah Ladiestory.id rangkum.

Redakan Lelah dan Stres

Ilustrasi mindful breathing. (Special)

Salah satu manfaat dari mindful breathing ialah dapat membantu meredakan rasa lelah dan stres. Tak hanya mengatasi lelah fisik, mindful breathing juga dapat mengatasi perasaan lelah akibat stres pikiran.

Perasaan lelah dan stres ini bisa disebabkan karena masalah pekerjaan, percintaan, rumah tangga, hingga kesehatan mental. Dengan melakukan mindful breathing, kamu bisa mengelola perasaan emosi dan mengurangi hiperaktif pada otak.

Atasi Depresi

Ilustrasi mindful breathing. (Special)

Bernapas dengan penuh kesadaran atau mindful breathing ini tak hanya sekadar menarik dan mengembuskan oksigen saja. Namun, kegiatan ini dapat membantu menyehatkan mental dan jiwa, salah satunya membantu mengatasi rasa cemas dan depresi.

Rasa khawatir tak jarang membuat seseorang kerap mengalami masalah gangguan mental hingga depresi. Untuk mengurangi rasa kekhawatiran ini, cara sederhana yang bisa dilakukan ialah mindful breathing untuk mengembalikan afirmasi positif dalam diri.

Atur Emosi

Ilustrasi mindful breathing. (Special)

Napas yang teratur dapat mengontrol kadar emosi dengan baik. Maka dari itu, dengan melakukan mindful breathing, dapat membantu mengurangi energi negatif dan meningkatkan energi positif dalam diri seseorang. Bahkan, mindful breathing kerap digunakan sebagai cara mengatasi anti-depresan untuk melawan gejala depresi dan stres agar mencegahnya kambuh.

Turunkan Berat Badan

Ilustrasi mindful breathing. (Special)

Salah satu manfaat tak terduga dengan melakukan mindful breathing adalah dapat membantu menurunkan berat badan, lho. Mindful breathing ini dapat membantu meningkatkan jumlah leptin dalam tubuh, yakni hormon yang diproduksi oleh lemak yang berfungsi untuk mentrasnfer minyak ke jaringan otak untuk menunda rasa lapar.

Kebiasaan ini perlu didukung oleh mindful eating, untuk dapat membantu mengelola pola makan sebelum mengonsumsi makanan. Sehingga, kamu dapat berhati-hati atau memilih makanan apa yang baik bagi tubuhmu dan membantu mengurangi intensitas makan secara berlebihan.

Tingkatkan Stamina

Ilustrasi mindful breathing. (Special)

Melatih mindful breathing tentunya akan mengajarkan dirimu untuk mengatur cara pernapasan yang baik serta dapat membantu memperkuat otot-otot pernapasan, sehingga dapat memaksimalkan paru-parumu. Selain itu, bernapas dengan efektif tentunya dapat membantu meningkatkan stamina tubuh, terlebih jika berolahraga secara teratur.

Ciptakan Hubungan Lebih Positif

Ilustrasi mindful breathing. (Special)

Selain dapat menyehatakan tubuh dan pikiran, mindful breathing juga dapat menciptakan jalinan hubungan asmara yang lebih positif, lho. Pasangan yang bisa melatih mindful breathing, khususnya saat menghadapi suatu konflik atau masalah, dapat langgeng dalam menjalani hubungan.

Tak hanya itu, kebiasaan melakukan mindful breathing akan menjadikan pasangan lebih optimis, penyabar serta dapat menjalani hubungan dengan lebih tenang. Pasalnya, saat menghadapi pertengkaran, mereka akan lebih menghargai dan menerima pasangannya dengan baik.