9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Rabu, 29 September 2021 | 08:35:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak alami yang berasal dari buah zaitun. Menurut proses ekstraksi yang dilewati dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya. Minyak zaitun dibagi menjadi tiga varian, yakni extra virgin, virgin, dan refined (light).

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Lantas, apa saja manfaat minyak zaitun? Berikut informasi selengkapnya.

1. Mengontrol Tekanan Darah

Foto: Ladiestory.id

Salah satu kegunaan minyak zaitun yang sangat terkenal yaitu mengontrol tekanan darah. Sebuah penelitian mengatakan jika orang yang rajin mengonsumsi minyak zaitun murni sekitar 50–60 mililiter atau setara kurang lebih 4 sendok makan per hari, tampak mempunyai tekanan darah yang lebih terkontrol.

Hal ini diduga karena senyawa antioksidan dan asam lemak sehat dalam minyak zaitun yang bisa menjadikan pembuluh darah lebih rileks serta mengurangi peradangan di pembuluh darah.

2. Mengurangi Risiko Terjadinya Penyakit Jantung

Senyawa antioksidan di dalam minyak zaitun pun berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena minyak zaitun tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga tidak menumpuk pada pembuluh darah.

Minyak sehat ini malah baik dikonsumsi guna mencegah penumpukan kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, semacam serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Foto: kumparan

Mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang terbuat dari hewan dengan minyak zaitun, bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada penderita kolesterol tinggi.

Disisi lain, minyak zaitun pun dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga baik bagi kesehatan jantung. Selain minyak zaitun, minyak sehat lain, semacam minyak kanola dan minyak kelapa murni, pun mempunyai manfaat serupa.

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Pola makan sehat dengan mengenakan minyak zaitun ketika mengolah atau sebagai campuran makanan, bisa meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan adalah zat yang bisa mencegah dan memperbaiki kerusakan sel karena paparan radikal bebas. Antioksidan pun diketahui bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Memelihara Fungsi Otak

Foto: Ladiestory.id

Salah satu kegunaan minyak zaitun yang tak kalah penting yaitu menjaga kesehatan dan fungsi otak. Sebuah penelitian mengatakan jika kandungan zat antioksidan dan antiradang dalam minyak zaitun bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit pada otak, semacam stroke dan demensia.

6. Menjaga Berat Badan

Minyak zaitun pun baik dikonsumsi untuk kamu yang tengah diet, termasuk diet paleo atau berusaha menjaga berat badan tetap ideal. Minyak alami ini pun baik dikonsumsi guna mencegah obesitas.

Tapi, untuk memperoleh manfaat minyak zaitun yang satu ini, kamu pun perlu berolahraga secara rutin, membatasi asupan kalori, dan menjalani pola makan sehat.

7. Mengatasi Sembelit

Foto: Ladiestory.id

Sembelit biasanya terjadi akibat pola makan kurang sehat, seperti jarang minum air atau kurang mengonsumsi makanan berserat. Supaya tinja lebih padat dan mudah dikeluarkan, kamu dapat mengonsumsi serat dari buah dan sayuran.

Disisi lain, minyak zaitun pun dapat dikonsumsi guna mengatasi sembelit sebab dapat membuat tinja lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

8. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Sebuah studi menunjukkan jika orang yang menjalani pola makan sehat dengan rutin, termasuk dengan mengonsumsi minyak zaitun, mempunyai kadar gula darah yang lebih terkontrol. Hal ini membuat minyak zaitun berfungsi untuk menurunkan risiko terjadinya diabetes.

9. Melembapkan Kulit Kering

Foto: Ladiestory.id

Minyak zaitun dapat mengunci kelembapan kulit, sehingga kerap dipakai pada perawatan kulit kering. Kamu dapat mengoleskan minyak zaitun di kulit wajah, tangan, atau kaki yang kering.

Kegunaan minyak zaitun bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Tak heran jika minyak zaitun sering dipakai dalam mengolah makanan atau sebagai campuran bahan makanan.