Tingkatkan Kesadaran Diri, 5 Manfaat Nostalgia Bagi Kesehatan Mental

Kamis, 15 Februari 2024 | 18:02:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Tingkatkan Kesadaran Diri, 5 Manfaat Nostalgia Bagi Kesehatan Mental

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Perasaan nostalgia seringkali dikaitkan dengan emosi positif yang berkaitan dengan perasaan rindu yang membantu seseorang untuk kembali ke periode tertentu di masa lalu di hidupnya.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology pada tahun 2020 disebutkan bahwa nostalgia mungkin baik untuk kesejahteraan seseorang secara umum. Hal ini juga dapat meningkatkan optimisme dan inspirasi, serta membantu seseorang menemukan tujuan hidupnya.

Ketika pikiran seseorang menemukan suatu stimulus di masa sekarang, pikiran seseorang akan secara bersamaan memprosesnya dalam berbagai cara pararel. Hal ini akan memicu ingatan, disertai dengan emosi asli yang berkaitan dengan ingatan tersebut.

Melansir Health Shots, berikut manfaat nostalgia bagi kesehatan mental.

Hadirkan Emosi yang Menyenangkan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Nostalgia seringkali memunculkan perasaan positif dalam diri seseorang, ini bisa menjadi hal yang baik selama masa-masa stres karena memberikan pelarian sesaat ke kenangan dan pengalaman yang berharga. 

Menurut sebuah penelitian di Consciousness and Cognition pada tahun 2021, disebutkan bahwa nostalgia dapat meningkatkan mood atau suasana hati seseorang. Di saat seseorang merasa terhambat oleh hal-hal negatif, bernostalgia dapat membantu meredakan emosi tersebut untuk sementara waktu.

Jadi Inspirasi

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Kenang-kenangan kesuksesan di masa lalu dan momen bahagia dapat menginspirasi seseorang. Hal ini dapat memotivasi seseorang untuk mengejar tujuan baru di dalam hidupnya. 

Pengalaman baik di masa lalu tentunya akan memicu seseorang untuk menjadi lebih baik di masa sekarang dan masa depan.

Kurangi Kesepian

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Nostalgia bisa menjadi pengisi waktu bagi seseorang, hingga dapat mengurangi perasaan kesepian yang dialami. Ini akan membantu menghubungkan kembali orang-orang dengan aspek positif dari apa yang pernah terjadi di masa lalu.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa nostalgia bisa membantu melawan efek kesepian. Pasalnya, ketika seseorang mengenang momen-momen kebersamaan dengan teman atau seseorang di dalam hidupnya, maka hal itu akan membuatnya menjadi lebih dicintai dan terhubung secara sosial.

Kurangi Stres dan Cemas

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Beberapa orang yang sering bernostalgia tentang pengalaman positif di dalam hidupnya, akan membantu dirinya untuk mengatasi suatu stres dengan lebih baik. Selain itu, seseorang yang melakukan nostalgia akan lebih cenderung mengambil tindakan positif selama masa stres di kehidupannya saat ini.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Nostalgia menjadi salah satu kunci yang dapat membantu seseorang untuk merenungkan kenangan mereka yang dulu, seperti saat berhasil mengatasi tantangan, menggunakan keterampilan, mengaku saat berbuat salah, atau kenangan hal lain.

Tentunya hal tersebut akan menyatukan kembali dengan perjuangan dan usaha penting yang telah dilakukan, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi pola pikir negatif saat ini.