Bukan Hanya Permainan Biasa, Ini 6 Manfaat Olahraga Lompat Tali

Sabtu, 6 November 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Bukan Hanya Permainan Biasa, Ini 6 Manfaat Olahraga Lompat Tali

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kita tentu saja sudah tidak asing, atau bahkan sering melakukan olahraga lompat tali. Sering kali, olahraga ini disebut dengan skipping, yang baik untuk kebugaran jantung dan pembuluh darah.

Secara mendalam, Lompat tali termasuk ke dalam kelompok olahraga plyometric. Olahraga tipe ini bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kekuatan otot secara maksimal dalam waktu pendek. Biasanya, olahraga ini juga dimanfaatkan untuk melatih kecepatan dalam bergerak.

Manfaat Olahraga Lompat Tali

Foto: liputan6

Sama halnya dengan olahraga lainnya, lompat tali memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan seperti membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu dalam melatih koordinasi tubuh, dan menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, olahraga ini berfokus pada kecepatan, maka saat melakukan olahraga akan membuat jantung berdenyut. Namun, ketika melakukan hal ini secara rutin Jika dilakukan dengan rutin, hal ini takan meningkatkan kekuatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Bukan hanya itu, lompat tali menjadi salah satu olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan olahraga lompat tali dalam 20 menit diperkirakan mampu membakar 200 kalori.

Kemudahan dari lompat tali bisa dilakukan baik di luar maupun di dalam rumah. Bahkan ketika hujan, kita hanya butuh minimal ruangan sebesar 2 x 3 meter di dalam rumah. Sedangkan untuk perlengkapan yang dibutuhkan hanya seutas tali sehingga harganya relatif murah.

Meskipun tergolong olaharaga yang mudah dan murah, lompat tali punya segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya:

Foto: cakapcakap

1. Kesehatan Jantung Jadi Terjaga 

Manfaat bagi kesehatan jantung didapatkan dari gerakan melompat yang dilakukan berulang-ulang sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.

2. Meningkatkan Tinggi Badan

Faktanya, sebuah lompatan berulang dapat memberi pengaruh terhadap tingginya seseorang sehingga disarankan untuk para remaja.

3. Racun pada Tubuh Jadi Terbuang

Olahraga lompat tali dapat bermanfaat dalam membuang racun pada tubuh. Selain itu, olahraga lompat tali pasti akan menghasilkan keringat yang dapat mengeluarkan pori-pori kulit sehingga membawa racun-racun dari dalam tubuh dalam membantu membebaskan tubuh dari endapan racun.

Foto: Times Indonesia

4. Mengencangkan Otot

Lompat tali dapat bermanfaat dalam mengencangkan otot lengan dan kaki dikarenakan ada  manfaat dari gerakan melompat dan memutar tali. 

5. Penurunan Berat Badan

Olahraga lompat tali dapat menurunkan berat badan sehingga mampu membakar kalori yang menyebabkan kegemukan atau kelebihan berat badan. Namun bukan hanya olahraga, tapi perlu adanya keseimbangan pola makan yang tepat.

6. Menghindari dari Stres

Manfaat olahraga mampu mencegah stres, sehingga perasaan seseorang dapat membuat lebih senang dan terhindari pemicu stres.

Khusus bagi yang mengalami gangguan jantung, diabetes, obesitas, saraf terjepit, atau riwayat cedera, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga lompat tali. Namun, kalau kondisinya sehat dan ingin olahraga mudah, kamu bisa mencoba dengan lompat tali.