Manfaat Squat Untuk Wanita, Bikin Badan Makin Seksi

Thursday, 17 Jun | 18:24:50

LS Health

Penulis : LS Health

Manfaat Squat Untuk Wanita, Bikin Badan Makin Seksi

Foto: Ladiestory.id

Pernah dengar olahraga squat? Olahraga yang satu ini cukup mudah dilakukan, tak membutuhkan peralatan khusus dan bisa dilakukan di mana saja. Dan ternyata banyak manfaat squat untuk wanita.

Squat adalah latihan kekuatan dinamis yang membutuhkan beberapa otot di tubuh bagian atas dan bawah untuk bekerja sama secara bersamaan. Banyak dari otot-otot ini membantu memberi tenaga melalui tugas sehari-hari seperti berjalan, menaiki tangga, membungkuk, atau membawa beban berat. Mereka juga membantu Anda melakukan aktivitas yang berhubungan dengan atletik.

Squat adalah latihan yang sangat baik untuk mengencangkan otot bokong, pinggul, dan paha yang umumnya menjadi perhatian sebagian besar wanita. Squat merupakan olahraga favorit bagi sebagian besar wanita karena selain manfaat kesehatannya, squat juga bermanfaat untuk membangun otot.

Buat Anda yang tidak punya waktu banyak untuk olahraga squat menjadi alternatifnya. Beberapa ahli kebugaran mengatakan bahwa hanya dengan rutin berolahraga squat, Anda bisa mendapatkan manfaat olahraga secara maksimal. Melakukan 50 squat sehari bisa membuat tubuh Anda selalu bugar.

Gerakan dasar squat cukup mudah dilakukan. Tinggal berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar bahu, lalu turunkan tubuh secara perlahan dengan menggunakan otot perut. Gerakan squat ini bisa membakar kalori di area paha, betis, dan pinggul. Melakukan gerakan squat selama 15 menit bisa bantu membakar sekitar 200 kalori dalam tubuh.  

Menambahkan squat ke dalam olahraga harian dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga Anda, mengurangi risiko cedera, dan membuat tubuh menjadi lebih mudah bergerak sepanjang hari. Tetapi, ini hanya sebagian kecil dari banyaknya manfaat squat untuk wanita. 

Manfaat Squat untuk Wanita

1. Membuat Tubuh Tampak Lebih Seksi

Foto: Ladiestory.id

Gerakan squat bisa mengencangkan otot pantat. Kalau dilakukan secara rutin, gerakan squat bisa membantumu mendapatkan tubuh yang lebih berisi dan seksi. Selain melatih otot kaki, gerakan squat juga bisa membentuk pantat jadi tampak lebih kencang. Tak hanya membakar lemak, squat juga diaykini bisa meningkatkan massa otot tubuh.

2. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Foto: Ladiestory.id

 

Karena gerakan squat fokusnya melatih otot tubuh bagian bawah, maka keseimbangan dan kekuatan tubuh akan meningkat. Saat kita dalam posisi setengah jongkok, otot akan dituntut menopang berat tubuh dan menyeimbangkan posisi. Kaki jadi lebih kuat dan keseimbangan tubuh tetap terjaga meski usia terus bertambah.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Foto: Ladiestroy.id

 

Squat bisa menciptakan lingkungan anabolik untuk membangun otot. Selain itu juga bisa memicu pelepasan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan massa otot. Proses metabolisme glukosa dan lemak serta sensitivitas insulin juga lebih lancar. Efeknya tubuh bisa terlindungi dari sejumlah penyakit seperti seperti diabetes, obesitas dan gangguan kardiovaskuler.

4. Membakar Lemak di Perut

Foto: Ladiestory.id

Manfaat squat tak hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi juga dapat membakar lemak di perut. Saat melakukan latihan olahraga squat otot bagian perut akan bergerak. Oleh karena itu lemak yang menumpuk di perut dibakar menjadi energi dan membuat bagian perut menjadi kecil dan kencang.

Untuk mempercepat pembakaran lemak di perut, kita juga perlu menjaga konsumsi makanan harian. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan membantu proses metobalisme lebih cepat.

Itu tadi sejumlah manfaat squat untuk wanita yang bisa didapat dengan melakukan gerakan squat rutin. Ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan squat. Agar nantinya tidak ada otot yang kram atau cedera saat melakukan squat.