Menguatkan Jaringan Rambut, Ini 4 Fungsi Asupan Vitamin E untuk Rambut

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:31:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Menguatkan Jaringan Rambut, Ini 4 Fungsi Asupan Vitamin E untuk Rambut

Foto: Shutterstock

Ladiestory.id - Vitamin E berfungsi bagi metabolisme tubuh. Vitamin ini akan membantu mengubah makanan menjadi energi supaya seluruh tubuh busa berguna dengan baik.

Mengenal Vitamin E

Vitamin E terbagi menjadi dua kelompok, yaitu vitamin E alami dan vitamin E sintetis. Vitamin E alami diperoleh dari sejumlah makanan layaknya kacang-kacangan, jagung, minyak bunga matahari, sampai kelapa.

Sedangkan itu, vitamin E sintesis didapatkan dengan mengenakan teknologi medis. Supaya lebih efektif, vitamin E sintesis mesti mengenakan dosis yang lebih banyak ketimbang vitamin E biasa.

Dalam sisi harga, vitamin E sintesis umumnya lebih murah ketimbang dengan vitamin E alami. Hanya saja, vitamin E sintetis lebih sulit diserap oleh tubuh.

Fungsi Vitamin E bagi Rambut

Vitamin E pun mempunyai kelebihan bagi kulit kepala dengan fungsi mengurangi inflamasi dan mengembalikan folikel (lubang kecil tempat tumbuh rambut) yang rusak. Kesehatan folikel akan berpengaruh kepada pertumbuhan rambut.

Vitamin E termasuk golongan antioksidan yang berguna dalam memperbaiki jaringan pada rambut. Disisi lain, jenis vitamin ini bisa memperbaiki struktur pada rambut, dan sangat efektif dalam mencegah rambut rontok.

Mari kita cari tahu fungsi vitamin E bagi rambut.

1. Membuat Rambut Berkilau Alami

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Bila melihat iklan produk-produk sampo, kamu pasti sudah tidak asing bukan dengan manfaat memperoleh rambut berkilau alami? Ya, nyatanya dalam memperoleh rambut berkilau alami tidak terlalu sulit sebab manfaat ini dapat kamu peroleh dengan menggunakan vitamin E secara rutin ke rambut dan kulit kepala.

Vitamin E bekerja dengan memperbaiki jaringan pada rambut sehingga menjadikan rambut tampak lebih sehat dan berkilau alami. Efek kilau rambut yang sehat dapat diperoleh dari sumber vitamin E alami serta minyak rambut yang memiliki kandungan mikronutrien tersebut. Pijat kulit kepala sampai ke ujung rambut guna mendapatkan hasil terbaik.

2. Memperbaiki Rambut Bercabang

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Pemakaian vitamin E yang rutin dan dalam waktu lama dipercaya mempunyai khasiat dalam mengatasi kerapuhan pada rambut, juga rambut bercabang. Rambut bercabang sendiri adalah tanda tanda rapuhnya rambut.

Kamu dapat mencampurkan minyak kelapa yang kaya vitamin E dengan minyak zaitun dalan memperbaiki rambut bercabang. Pijatkan campuran minyak tersebut pada kulit kepala dengan perlahan. Pemijatan mempunyai pengaruh yang baik dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

3. Memperlambat Penuaan pada Rambut

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Bukan hanya kulit yang dapat mengalami tanda-tanda penuaan, rambut pun dapat mengalami yang namanya aging. Sifat antioksidan pada vitamin E mempunyai fungsi yang sangat baik dalam menyehatkan dan menguatkan kembali jaringan rambut.

Jaringan di sekitar kulit rambut yang sehat mempunyai fungsi dalan mencegah penuaan dini. Penuhi juga asupan vitamin D untuk memperlambat tumbuhnya uban pada rambut.

4. Menstimulasi Rambut Tumbuh Lebih Lebat

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Salah satu mitos yang banyak berkembang di masyarakat yaitu pemberian minyak kelapa yang kaya vitamin E pada rambut bayi akan menjadikan rambut bayi tumbuh lebih lebat. Tidak heran bila banyak ibu-ibu yang gemar mengoleskan sedikit minyak kelapa pada rambut anaknya dengan harapan supaya tumbuh lebat.

Nyatanya, fungsi vitamin E dalam merangsang pertumbuhan rambut bukanlah sekedar mitos. Vitamin E adalah antioksidan yang mempunyai kemampuan guna melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala. Hal tersebut akan menjadikan kulit kepala lebih sehat dan rambut menjadi lebih lebat. Maka itu, vitamin E populer sebagai salah satu vitamin rambut yang bagus.

Itulah fungsi fungsi vitamin E untuk rambut. Apakah kamu mau mencobanya?

Berita Terkait