Masih Bekerja dari Rumah? Hindari Melakukan 5 Hal Ini

Kamis, 16 April 2020 | 17:43:00

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Masih Bekerja Dari Rumah? Hindari Melakukan 5 Hal Ini

Memang enak bekerja dari rumah: tidak perlu mandi, tidak perlu gosok gigi, dan tidak perlu menempuh perjalanan jauh. Soalnya, jarak "tempat kerja" kamu hanya satu menit dari tempat tidur.

Itu enaknya. Di sisi lain, ada sisi gelap bekerja dari rumah. Meski menyenangkan work from home, bangun pagi, berdandan dan bersiap-siap ke kantor ternyata penting bagi kesehatan. Pasalnya, saat kita bekerja dari rumah, kemungkinan pergerakan kita sedikit dan ada kemungkinan kehidupan sosial berkurang dan terisolasi. Padahal dua hal ini, bergerak dan bersosialiasi, penting untuk menjaga kesehatan mental dan menjaga tingkat produktivitas. Jadi, apa yang bisa kita lakukan agar tetap waras saat bekerja dari rumah? Ini beberapa hal yang harus kamu lakukan. 

Hindari Sofa dan Selimut 

Mungkin hal ini yang ingin kamu lakukan saat bekerja dari kantor. Namun, dengan posisi nyaman ini, akan sulit menjadi produktif. Malah ada kemungkinan kamu mendadak dalam posisi berbaring dan siap memejamkan mata. Jadi, sebisa mungkin hindari bekerja dengan posisi ini. 

Hindari Memakai Daster Sepanjang Hari

Hindari memakai baju yang sama dengan yang kamu pakai tadi malam. Mungkin yang melihat kamu hanya keluarga atau pengantar makanan, tapi mandi dan berdandan rapi adalah salah satu trik ampuh untuk membuat kamu lebih produktif. Jadi, cobalah untuk tetap mandi, berpenampilan rapi (meski minimalis) dan tetap bergerak setiap 20 menit agar postur tubuh tetap terjaga. 

Jangan Lupakan Makan Siang

Seperti halnya saat di kantor kamu rajin makan siang, lakukan hal yang sama juga ketika berada di rumah. Untuk mempermudah hidupmu, samakan jam makan siang di rumah dengan jam makan siang kantor. Bila memungkinkan, beranjaklah dari meja kerja dan nikmati makan siangmu di lokasi lain di dalam rumah. 

Tetap Ingat untuk Berinteraksi dengan Orang Lain

Kamu bisa menggunakan waktu makan siang untuk mengobrol dengan teman secara virtual. Hal ini biasanya bisa membuat suasana hatimu bertambah baik, alhasil semakin semangat kerja. Dan ingat, bahwa berinteksi dengan orang lain, terutama di masa social distancing seperti ini, baik untuk kesehatan mentalmu. Ini membuat kamu tidak merasa sendirian dan kesepian. 

Hindari Televisi atau Netflix

Kamu mungkin berpikir bahwa televisi atau tayangan Netflix hanya akan menjadi latar belakang atau pengisi suara untuk menemani saat bekerja. Akan tetapi, televisi dan Netflix bisa menjadi godaaan terbesar yang membuat kamu lupa bekerja. Jika kamu tahu bahwa ini akan menjadi distraksi bagimu, lebih baik menjauh dulu; setidaknya dari pukul 9 sampai 5 sore.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan saat bekerja dari rumah, Ladies. Semoga situasi krisis ini cepat berlalu dan kita bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

Sumber foto utama: Rawpixel.com