Masker Jenis Apa Yang Cocok Digunakan Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19?

Selasa, 6 Oktober 2020 | 16:19:41

LS Health

Penulis : LS Health

Masker Jenis  Apa Yang Cocok Digunakan Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19?

Masker sebaiknya digunakan sebagai bagian dari strategi langkah-langkah komprehensif untuk menekan penularan dan menyelamatkan nyawa; penggunaan masker saja tidak cukup untuk memberikan tingkat perlindungan yang memadai terhadap COVID-19. kamu juga harus menjaga jarak fisik minimal 1 meter dari orang lain, membersihkan tangan kamu secara teratur, dan menghindari menyentuh wajah dan masker kamu.

Masker sangat penting digunakan orang sakit (demam/batuk/bersin) atau mereka yang merawat orang sakit. Berikut panduan cara menggunakan masker yang tepat. Tenaga kesehatan, orang sakit dan orang yang merawat orang sakit menggunakan masker medis. Orang sehat cukup menggunakan masker kain. Berikut jenis masker yang aman digunakan untuk menangkal virus corona 19. 

3 jenis masker yang efektif mencegah penularan virus corona

Masker Medis 

Masker medis (juga dikenal sebagai masker bedah) atau surgical mask, masker ini dibuat dari minimal tiga lapis bahan sintetis tanpa tenun, dan diatur agar lapisan filtrasi berada di tengah. Masker ini tersedia dalam ketebalan yang berbeda-beda, memiliki berbagai tingkat ketahanan terhadap cairan, dan dua tingkat filtrasi. Masker medis ini mengurangi droplet pernapasan dari pemakainya ke orang lain dan ke lingkungan. Masker ini juga mencegah penularan virus dari orang lain ke pemakainya.

Masker Respirator

Respirator (juga dikenal sebagai filtering facepiece respirator - FFP) dan tersedia di berbagai tingkat kinerja seperti FFP2, FFP3, N95, N99): jenis-jenis respirator dirancang khusus untuk petugas kesehatan yang memberikan perawatan kepada pasien COVID-19 di tempat dan area di mana prosedur yang menghasilkan aerosol dijalankan. Petugas kesehatan harus melakukan uji coba sebelum menggunakan respirator untuk memastikan bahwa mereka mengenakan ukuran yang sesuai.

Masker Kain

Masker kain Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), masker non-medis (juga dikenal sebagai masker kain, masker buatan sendiri, atau masker DIY) dapat berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah penyebaran virus dari pemakai ke orang lain. Masker non-medis yang direkomendasikan oleh WHO adalah masker yang memiliki tiga lapisan. Tiga lapisan masker tersebut terdiri dari lapisan dalam yang dapat menyerap, lapisan bagian tengah yang dapat menyaring, serta lapisan bagian luar yang sebaiknya berbahan poliester.

Berikut panduan cara menggunakan masker yang tepat :

  • Sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).
  • Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.
  • Hindari menyentuh masker saat digunakan,bila tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau bila tidak ada, cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%)
  • Ganti masker yang basah atau lembab dengan masker baru. Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja. Masker kain dapat digunakan berulang kali.
  • Untuk membuka masker: lepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker, Untuk masker 1x pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen. Untuk memasang masker baru, ikuti poin pertama.
  • Tangan harus dibersihkan dengan cairan antiseptik berbasis alkohol atau sabun dan air sebelum mengenakan masker bersih dan setelah melepas masker. Masker ini harus dipakai erat di wajah. Pemakai harus menghindari menyentuh masker saat dipakai di wajah dan masker harus segera dibuang jika lembap. Penting agar penggunaan masker dikombinasikan dengan tindakan pencegahan lainnya termasuk melakukan kebersihan tangan dan menjaga jarak fisik minimal 1 meter. 

Menggunakan masker dengan benar adalah salah satu cara efektif dalam pencegahan risiko penularan penyakit COVID-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Kementerian Kesehatan menganjurkan untuk memakai masker dengan benar, yaitu masker yang menutupi mulut dan hidung ya ladies. Yuk sama-sama kita lawan virusnya dengan selalu mematuhi protokol kesahatan. Masker Kamu Melindungi Kamu dan Aku.

Sumber Foto Utama: Freepik.com