Mau Konsisten Olahraga? Perhatikan 5 Hal Berikut

Jumat, 30 September 2022 | 00:01:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Mau Konsisten Olahraga? Perhatikan 5 Hal Berikut

Ilustrasi olahraga. (popsugar.com)

Ladiestory.id - Selama beberapa tahun hidup berdampingan dengan virus covid-19, antusias dan kesadaran untuk menjalani pola hidup sehat meningkat. Mulai dari makan makanan sehat hingga rutin berolahraga. Olahraga yang dijalankan juga berbagai macam sesuai dengan kebutuhan dan kapasitasnya.

Melihat antusias tersebut Shopee mengadakan sesi workshop dan talkshow mengenai ‘Fisik Sehat, Tubuh Kuat’ oleh Melanie Putria, Fitness Influencer dan Faiz Daffa Fathullah, Owner Antarestar yang berbagi tips untuk menjaga konsistensi dan memaksimalkan efektivitas kegiatan olahraga.

Melanie Putria, Fitness Influencer menyampaikan bahwa konsisten berolahraga bisa meningkatkan kualitas hidup dari segala aspek, mulai dari menjaga kesehatan fisik hingga mental. Menurut Melanie, olahraga yang efektif tidak memakan banyak waktu loh, asal konsisten kamu bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

“Seringkali orang merasa bahwa olahraga membutuhkan waktu yang banyak, padahal dengan diimbangi pengetahuan yang mumpuni sangat mungkin bagi kita untuk berolahraga secara efektif tanpa memakan banyak waktu. Jangan  lupa juga untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing agar lebih konsisten dan menyenangkan, ya!” kata Melanie Putria, Fitness Influencer dari rilis yang dikutip pada Kamis (29/09/2022).

Nah berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan keefektifan berolahraga dengan prinsip FITT (Frequency, Intensity, Type, Time). Sehingga kamu bisa olahraga dengan singkat dan efektif dirumah.

Frequency

Ilustrasi Olahraga (Special)

Pertama, tentukan terlebih dahulu frekuensi olahraga yang akan kamu lakukan dalam satu minggu, hal ini bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan dan tingkatkan secara perlahan. Jika saat baru mulai kamu hanya berolahraga 1-2x seminggu, lama kelamaan bisa kamu tingkatan menjadi 4-5x. Penting untuk tahu berapa frekuensi yang tepat agar bisa mencapai tujuan tanpa berolahraga secara berlebihan.

Intensity

Ilustrasi Olahraga (Special)

Parameter intensitas adalah ukuran seberapa sulit olahraga yang akan kamu lakukan. Ketika baru memulai, jangan langsung berlebihan dan sesuaikan intensitas olahraga yang kamu lakukan dengan kemampuanmu, karena jika kamu berolahraga terlalu intens dapat menyebabkan cedera atau burnout. Mulailah dari level yang dirasa nyaman dan sanggup kamu lakukan, lalu setelah rutin berolahraga bisa kamu tingkatkan secara bertahap. 

Type

Ilustrasi Olahraga (Special)

Temukan tipe olahraga yang sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan goal-mu lalu mulai perlahan-lahan kamu lakukan setiap hari. Sebaiknya sebagai pemula, mulai olahraga dari yang paling ringan, menyenangkan, dan nyaman terlebih dulu seperti bersepeda atau jogging. Hindari langsung melakukan kegiatan olahraga expert seperti lari maraton jika kamu masih baru mulai mencoba berolahraga dan belum latihan secara khusus.

Time

Ilustrasi Olahraga (Special)

Parameter FITT selanjutnya mengacu pada durasi berolahraga. Tentu saja, durasi ini juga perlu disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti kebugaran tubuh, usia, berat badan, kesehatan, dan banyak lagi. Perlu diingat bahwa menambah durasi sebaiknya hanya dilakukan apabila kamu sudah merasa benar-benar siap dan terlatih, ya!

Preparation

Ilustrasi Olahraga (Special)

Nah, kalau yang satu ini tidak termasuk dalam prinsip FITT, namun tentunya tidak kalah penting. Saat mulai rutin berolahraga, pastikan kamu sudah memiliki produk atau alat yang dapat mendukung dan menambah semangatmu untuk terus bergerak.

Memilih perlengkapan olahraga yang sesuai sangatlah penting, bukan hanya untuk melengkapi penampilan namun juga untuk memperoleh hasil maksimal, membuat olahraga lebih nyaman, dan meminimalisir risiko cedera. Untuk memenuhi perlengkapan olahraga bisa dengan mudah kamu dapatkan di aplikasi Shopee.