Mau Kulit Kamu Mulus? Yuk, Perhatikan Makanan yang Kamu Konsumsi

Senin, 27 April 2020 | 14:30:11

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Mau Kulit Kamu Mulus? Yuk, Perhatikan Makanan Yang Kamu Konsumsi

Yas! Ternyata banyak jenis makanan yang baik untuk kulit kita lho, yang mudah ditemukan dan ada di sekeliling kita. Nah bagi para #beautyholics yang ingin memilki kulit yang mulus dan sehat, sebaiknya kamu mulai mengonsumsi makanan-makanan ini secara rutin. Pastikan juga kamu mengimbanginya dengan gaya hidup sehat, seperti memperbanyak konsumsi air putih, istirahat yang cukup, serta rajin berolahraga agar hasilnya optimal. Berikut beberapa makanan sehat yang bisa membuat kulit semakin mulus dan sehat. 

Delima

Apakah kulit kamu sering terpapar oleh sinar matahari dan polusi? Kalau ya, saatnya mulai merawat kulit dari dalam dengan buah delima. Dengan kandungan vitamin C, K, folat, dan mineral seperti kalsium, magnesium, berbagai riset telah membuktikan bahwa delima dapat melancarkan regenerasi kulit. Bahkan, kulit dan biji buah ini diperkaya dengan antioksidan berupa ellagic acid yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Semangka

Fresh and healthy, semangka juga mengandung banyak khasiat yang baik untuk kulit berminyak dan mudah jerawatan. Buah merah yang segar ini dapat memberikan tubuhmu serat, air, vitamin A, C, B1, B6, carotenoid, flavonoid, dan lycopene yang bisa mencegah kerusakan kulit. Plus, it’s free of fat and cholesterol!

Apel

Buah selanjutnya yang menjadi makanan yang baik untuk kulit, khususnya mencerahkan kulit adalah apel. Di dalamnya terdapat kandungan asam malat yang tinggi atau yang lebih dikenal sebagai asam alfa hidroksil. Asam malat mampu membantu memperbaharui sel kulit tanpa merusak lapisan kulit.

Sayur Bayam

Ternyata bayam juga menjadi salah satu makanan yang baik untuk kulit. Rutin mengonsumsinya dipercaya bisa melindungi kulit dari efek radikal bebas. Manfaat ini diperoleh dari adanya kandungan vitamin E serta beta karoten yang terdapat pada bayam.

Ikan dan Seafood

Apakah kamu suka mengonsumsi ikan dan seafood? Jika iya, dua makanan ini ternyata bagus untuk kulit, lho. Akan lebih baik lagi jika kamu mengonsumsi ikan dan seafood yang mengandung asam lemak omega-3 karena bisa meningkatkan produksi kolagen yang baik bagi kulit wajah. Selain itu, membuat kulit menjadi lebih sehat, membantu memperlambat proses kerutan di kulit, dan mengurangi jerawat.

Tomat

Tomat juga memiliki kandungan vitamin C dan lycopene yang banyak. Maka dari itu, tomat menjadi salah satu makanan yang baik untuk kulit dan mampu membuat kulit lebih cerah. Tomat bisa dijadikan sebagai makanan sayur, salad, lalapan, atau dibuat menjadi jus.

Pepaya

Satu lagi buah yang menjadi makanan yang baik untuk kulit adalah pepaya. Pepaya memiliki kandungan vitamin A, beta carotene, dan enzim papain. Enzim ini bukan hanya membantu pencernaan dengan memecah protein yang tidak aktif, tapi berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan bisa mengatasi kerusakan radikal bebas pada kulit dan membantu menyembuhkan kerusakan kulit dengan mempercepat regenerasi sel.

Teh Hijau

Meskipun bukan termasuk makanan, tapi teh hijau dikenal manfaatnya untuk kulit. Minuman yang satu ini berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh dan kulit. Bila secara rutin meminum teh hijau juga mampu melancarkan aliran darah sehingga kulit wajah akan tampak bercahaya.

Mengonsumsi makanan di atas memang bisa membantu kamu mendapatkan kulit sehat. Tapi, makanan saja tidak cukup! Kamu tetap harus rutin membersihkan kulit, menggunakan pelembap, cukup minum air putih, dan tidur cukup.

Sumber foto utama: Freepik.com