Memahami Psoriasis dan Ketahui Apa Saja yang Bisa Jadi Pemicunya

Jumat, 27 Desember 2019 | 16:17:44

LS Health

Penulis : LS Health

Memahami Psoriasis Dan Ketahui Apa Saja Yang Bisa Jadi Pemicunya

Psoriasis adalah sebuah kondisi peradangan pada kulit yang ditandai dengan munculnya sel-sel kuit yang menumpuk dan menimbulkan bercak bersisik pada kulit, sehingga permukaan kulit terasa kering dan gatal. Bahkan tak jarang bisa menyebabkan rasa sakit atau nyeri pada kulit. Biasanya, gejala psoriasis muncul di area kulit kepala, siku, lutut, dan bagian bawah punggung. Meskipun terjadi di area kulit, namun penyakit psoriasis ini tidak menular lho, Ladies. Jadi, jika kamu bersentuhan langsung dengan kulit orang yang mengalami penyakit ini, kamu tidak akan tertular.

1. Waktu munculnya psoriasis tidak menentu, bergantung pada pemicunya

Waktu munculnya psoriasis tidak menentu, bergantung pada pemicunya
sumber: freepik.com

Sebenarnya waktu munculnya gejala psoriasis ini pada setiap orang tidaklah menentu. Ada yang bisa mengalami psoriasis selama berhari-hari, namun ada pula yang mengalami sakit ini selama berminggu-minggu. Penyakit ini bisa datang dan pergi bergantung dengan karakteristiknya. Biasanya, setelah gejala psoriasis pada kulit seseorang mulai mereda, psoriasis tidak akan muncul lagi dalam waktu yang lama, dan akan mulai datang lagi jika si penderita terpapar segala hal yang menjadi pemicunya, Ladies.

2. Pemicu munculnya psoriasis di permukaan kulit

Pemicu munculnya psoriasis di permukaan kulit
sumber: freepik.com

Belum ditemukan penyebab pasti yang bisa menimbulkan psoriasis ini pada kulit seseorang. Hanya saja, ada beberapa kondisi yang bisa menjadi pemicunya, seperti misalnya stres, cedera kulit, perubahan hormon, cuaca dingin, kecemasan berlebih, dan juga infeksi tenggorokan. Selain itu, kebiasaan merokok, minum alkohol berlebihan, dan obesitas juga diduga bisa menyebabkan munculnya gejala psoriasis di kulitmu.

3. Siapapun bisa mengalami psoriasis

Siapapun bisa mengalami psoriasis
sumber: freepik.com

Sesungguhnya, siapapun bisa mengalami psioriasis, namun penyakit ini lebih sering dialami oleh mereka yang berusia 15-35 tahun. Akan tetapi, berapapun usiamu saat ini, ada baiknya jika kamu menjauhkan diri dari segala faktor pemicunya, agar tak perlu mengalaminya. Rutinlah berolahraga dan menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas yang positif ya, Ladies! Penting juga untukmu menjaga pola gaya hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi dengan porsi yang pas.

4. Sistem kekebalan tubuh diduga menjadi penyebab psoriasis

Sistem kekebalan tubuh diduga menjadi penyebab psoriasis
sumber: freepik.com

Meskipun belum diketahui secara jelas dan gamblang apa penyebab munculnya penyakit psoriasis ini, namun sistem kekebalan tubuh diduga menjadi penyebab penyakit psoriasis oleh para ahli. Hal itu disebabkan terjadinya penyerangan sel-sel tubuh sehat oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu cepat. Jadi, jika pada orang biasa tubuh memproduksi dan mengganti sel-sel kulit mati pada kulit setiap seminggu sekali, orang-orang yang mengalami psoriasis ini malah mengalaminya lebih cepat, bahkan bisa dalam hitungan hari lho, Ladies. Sebab itulah, saking cepatnya mengalami pergantian sel-sel kulit mati, menyebabkan orang-orang yang mengalami psoriasis akan mendapati penumpukan sel kulit mati yang pada akhirnya menebal dan bersisik.

Jika kamu mengalami beberapa gejala seperti di atas dan sudah terjadi beberapa hari atau minggu, ada baiknya jika kamu segera periksakan ke dokter ahili kulit atau dermatolog ya, Ladies!