5 Pentingnya Asupan Zinc Bagi Tubuh

Minggu, 26 Desember 2021 | 19:30:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Pentingnya Asupan Zinc Bagi Tubuh

Ilustrasi zinc. (Special)

Ladiestory.id - Masa pandemi Covid-19 membuat banyak orang lebih waspada dalam menjaga kesehatan, terlebih sistem kekebalan tubuh yang harus terus kuat. Salah satu caranya yaitu dengan memerhatikan asupan zinc.

Selain fungsinya yang mendukung sistem kekebalan tubuh, zinc dibutuhkan pada kegiatan lebih dari 300 enzim yang membantu pencernaan, fungsi saraf, dan metabolisme yang sehat. Telah banyak bukti yang menunjukkan jika zinc sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Ilustrasi zinc. (Special)

Zinc merupakan salah satu nutrisi yang memberikan banyak fungsi penting untuk tubuh. Nutrisi ini menjadi penting sebab tubuh tidak secara alami melahirkan zinc, sehingga mengharuskanmu dalam memperolehnya melewati makanan atau suplemen.

Zinc merupakan mikronutrien yang penting sekali bagi setiap aspek yang mendukung kesehatan tubuh. Telur, kerang, daging, dan produk kacang-kacangan merupakan sumber zinc alami. Selain melalui sebagian makanan itu, kebutuhan zinc harian tubuh juga dapat dipenuhi dengan pemberian suplemen zinc.

Zinc berfungsi sebagai salah satu komponen pendukung sistem kekebalan tubuh yang dibutuhkan guna melakukan proses memecahkan lebih dari 300 enzim supaya bisa diserap oleh organ pencernaan, jaringan saraf di otak sampai membantu metabolisme tubuh supaya tetap maksimal. Apa saja manfaat zinc?

Fungsi zinc untuk otak

Ilustrasi otak. (Special)

Dibandingkan organ lain pada tubuh, zinc mempunyai konsentrasi paling tinggi dalam mendukung kesehatan otak dan jaringannya. Menurut penelitian yang dikerjakan pada 2017, ahli menyimpulkan jika kurangnya konsumsi zinc sehari-hari bisa berakibat fatal bagi otak dan mempengaruhi kinerjanya.

Salah satunya, perubahan keseimbangan zinc di otak dapat mengakibatkan penurunan kognitif, memicu penyakit Alzheimer sampai depresi. Hal Ini tentu berbahaya, sehingga disarankan guna mengkonsumsi zinc di takaran yang cukup setiap hari entah dari sayuran yang tinggi zat besi maupun multivitamin.

Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Ilustrasi orang sakit. (Special)

Manfaat zinc untuk tubuh yang selanjutnya merupakan kemampuannya dalan mendungkung sistem kekebalan tubuh. Zinc bisa berfungsi sebagai antioksidan, membantu mengurangi peradangan, dan melindungi tubuh dari penyakit kronis layaknya penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Berperan dalam masa penyembuhan

Ketika kita tengah sakit, pasti kita merasa lemas pada sekujur tubuh kita. Kita membutuhkan waktu dalam proses pemulihan supaya bisa beraktivitas layaknya sediakala, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi Zinc.

Zinc mempunyai fungsi sebagai salah satu nutrisi yang dibutuhkan dalam memperbaiki jaringan membran sel yang rusak, mendukung pertumbuhan sel supaya maksimal sekaligus memelihara kesehatan kulit. Protein yang ada pada Zinc pun berguna dalam proses perbaikan DNA.

Kekurangan asupan zinc pada tubuh pun dapat mengakibatkan munculnya beberapa masalah kulit sampai mengganggu proses penyembuhan luka. Sebaliknya, mengkonsumsi zinc dalam takaran yang diperlukan tubuh bisa membantu tubuh kembali bugar dan menjaga sistem imun tetap maksimal.

Menjaga Kadar Gula

Ilustrasi cek diabetes. (Special)

Manfaat zinc berikutnya yang telah lumayan terkenal yaitu membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Insulin merupakan hormon yang bertanggung jawab dalam mengangkut gula dari aliran darah menuju seluruh jaringan tubuh.

Membantu Mengatasi Jerawat

Ilustrasi jerawat. (Special)

 Sebuah penelitian menjelaskan, suplemen zinc efektif ketika mengobati jerawat. Zinc sulfate telah terbukti efektif dalam mengurangi gejala jerawat parah. Fungsi zinc bagi kulit ini lebih disukai dibanding metode pengobatan lain sebab lebih murah, efektif, dan efek samping yang lebih sedikit.