Menarik! Ini 5 Fakta Bunga Matahari yang Jarang Diketahui

Sabtu, 30 Juli 2022 | 18:00:00

Menarik! Ini 5 Fakta Bunga Matahari Yang Jarang Diketahui

Ilustrasi Bunga Matahari (Pinterest.com)

Ladiestory.id - Bunga matahari (Helianthus Annuus) merupakan salah satu bunga yang paling banyak digemari. Pasalnya, keindahan dari bunga ini dapat menciptakan berbagai suasana, mulai dari yang hangat hingga romantis. Selain itu, bunga ini juga memiliki makna yang berbeda dari bunga-bunga lainnya, seperti kegembiraan, kesetiaan, kehangatan, rezeki, keabadian dan umur panjang, persahabatan, kejujuran, optimisme, dan perdamaian.

Namun sayangnya, tidak banyak yang tahu fakta-fakta unik dan menarik dari bunga matahari. Berikut ini makna menarik bunga matahari.

Asal Bunga Matahari

Ilustrasi Bunga Matahari (Pinterest.com)

North Dakota merupakan area di Amerika yang paling banyak memproduksi bunga matahari. Bunga ini menyukai paparan sinar matahari selama 6 jam setiap harinya, dengan tingkat pH tanah 6 sampai 7,5. Diketahui bahwa bunga matahari dapat melakukan penyerbukan sendiri untuk bereproduksi, karena kepala putiknnya dapat berputar untuk mencapai serbuk sari tanpa perantara.

Tidak Semua Berwarna Kuning

Ilustrasi Bunga Matahari (Pinterest.com)

Tidak semua bunga matahari memiliki kelopak berwarna kuning, lho. Ternyata, ada beberapa bunga matahari yang memiliki kelopak berwarna merah dan juga ungu. Bunga matahari ungu umumnya dikenal dengan Chianti Hybridi. Bunga ini memiliki kelopak merah gelap yang menyerupai warna ungu. Sedangkan, bunga matahari berwarna merah biasanya digunakan sebagai tambahan buket bunga untuk memberikan kesan yang segar.

Bunga Matahari Tertinggi Mencapai 9 Meter

Ilustrasi Bunga Matahari (Pinterest.com)

Bunga matahari memiliki dua jenis ukuran, yaitu tinggi dan pendek. Meskipun secara umum diketahui sebagai bunga yang tinggi, beberapa jenis bunga ini justru tumbuh tidak lebih dari 60 sentimeter saja. Sedangkan, untuk ukuran bunga matahari yang tinggi dapat mencapai 3-5 meter bahkan lebih. Seperti yang dicatat pada Guiness World Records, bahwa Hans Peter Schiffer, pria yang berasal dari Jerman berhasil menanam bunga matahari hingga tumbuh tinggi menjadi 9 meter.

Arah Bunga Matahari

Ilustrasi Bunga Matahari (Pinterest.com)

Arah bunga matahari yang muda dan yang tua tidaklah sama. Bagi bunga matahari yang masih sangat muda, ia sangat senang melacak sinar matahari sehingga wajahnya akan mengikuti arah matahari dari terbit sampai terbenam dan mengulang siklus tersebut sampai dewasa. Sedangkan, bagi bunga matahari tua, ia akan berhenti melacak matahari dan hanya menghadap ke arah timur, karena posisi tersebut memungkinkannya untuk lebih sering terpapar matahari.

Varian Unik Bunga Matahari

Ilustrasi Bunga Matahari (Pinterest.com)

Bunga matahari memiliki varian unik yaitu teddy bear sunflower. Varian ini memiliki kelopak yang lebih lebat (dua kali lipat lebih banyak) dan bentuknya lebih bulat. Sehingga kepalanya menjadi halus seperti boneka beruang. Anatomi yang tidak biasa ini membuatnya menerima penghargaan dari Royal Horticultural Society di tahun 2015. Beberapa orang menggunakan kelopaknya untuk hiasan salad atau dekorasi kue.

s