Mengatasi Jam Tidur Yang Kacau Saat WFH

Rabu, 27 Januari 2021 | 14:26:19

LS Health

Penulis : LS Health

Mengatasi Jam Tidur Yang Kacau Saat Wfh

Satu hal lagi yang bisa memengaruhi pola tidur kamu hingga mood yang sering memburuk. Hal tersebut dikarenakan oleh kekurangan protein dalam tubuh. Gejala lain yang timbul dari hal ini adalah craving atau ngidam akan sesuatu, energi yang menurun hingga sering stress, terutama bagi kamu yang sering beli makan di luar, mahasiswa, bahkan vegetarian.

Ada beberapa cara untuk menangani defisiansi protein, seperti mengonsumsi suplemen dengan mengetahui nutrisi apa yang kamu butuhkan dari jenis ngidam yang kamu alami; mengonsumsi makanan kaya protein pada diet kamu; atau campur minuman kamu dengan bahan makanan berprotein menjadi jus yang cocok untuk melengkapi sarapan atau snack sore kamu.

Hindari tidur siang terlalu sore

Tidur siang bukanlah hal yang dilarang, apalagi saat kamu memiliki waktu luang untuk melakukannya. Namun, jika pola tidur kamu sedang terganggu, cobalah untuk menghindari tidur siang supaya tidak kesulitan tidur di malam harinya. Jika memang kamu harus tidur siang, lakukan selama 30 menit saja. Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidur siang sebelum jam 3 sore agar jam tidur kamu di malam harinya tidak terganggu.

Berolahraga

Salah satu cara memperbaiki pola tidur terampuh adalah rutin berolahraga. Sebab, sebagian besar jaringan tubuh, termasuk otot rangka, terhubungan dengan jam biologis tubuh. Jika kamu rutin berolahraga, otot akan merespons dengan menyelaraskan ritme sikardian (siklus bangun dan tidur). Berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan produksi hormon melatonin di dalam tubuh sehingga pola tidur kamu di malam hari akan terjaga.

Atur jadwal yang tepat untuk aktivitas fisik

Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu kamu untuk tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur. Apabila kamu memiliki kebiasaan berolah raga, lakukanlah aktivitas tersebut secara teratur dan usahakan pada pagi hari. Jika tidak dilakukan pada pagi hari, sebaiknya dilakukan sekitar empat hingga lima jam sebelum kamu tertidur dan berikan waktu sekitar satu jam untuk relaksasi dari aktivitas fisik sebelum waktu tidur.

Buatlah rutinitas tidur

Pola tidur 7-8 jam di malam hari mungkin terlalu sulit untuk diikuti bagi beberapa orang. Namun hal yang perlu diperhatikan dalam membentuk rutinitas tidur adalah membuat diri kamu senyaman mungkin. Kenali dan atasi faktor yang dapat mengganggu kamu saat beristirahat. kamu mungkin kesulitan untuk mengatur siklus tidur saat malam hari dengan tertidur pada jam yang sama. Namun, kamu bisa berusaha menjaga siklus terjaga dengan bangun tidur pada jam yang sama di pagi hari. Lakukanlah ini dengan bertahap dengan bangun pada pagi hari 5 hingga 15 menit lebih awal sampai kamu terbiasa dengan waktu untuk terbangun tersebut.

Hindari suara bising

Suasana yang tenang tanpa adanya kebisingan adalah salah satu syarat untuk mendapatkan pola tidur yang baik.  Maka dari itu, cobalah matikan televisi dan ponsel selama kamu tidur sehingga tidak ada gangguan suara bising yang mengganggu. Jika kamu tinggal di suasana yang bising, cobalah gunakan white noise alias suara yang bisa membuat kamu tertidur.
White noise dapat dihasilkan dari menyalakan kipas angin atau pendingin ruangan. Selain itu, sudah ada aplikasi ponsel yang bisa memproduksi white noise dan bisa kamu unduh secara cuma-cuma.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com