Mengenal Apa Itu Stalking dan 5 Bentuk Perilakunya

Kamis, 11 November 2021 | 08:48:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mengenal Apa Itu Stalking Dan 5 Bentuk Perilakunya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory - Stalking atau menguntit merupakan tindakan negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Stalking juga bisa berbahaya karena menyebabkan ketidaktenangan bagi korbannya.

Lantas tahukah kamu arti dari stalking yang sebenarnya dan apa saja bentuk perilakunya? Simak informasinya di bawah ini.

Apa Itu Stalking?

Foto: Ladiestory.id

Stalking adalah suatu tindakan untuk menguntit atau mengikuti perkembangan atau informasi terbaru dari seseorang yang jadi target stalking. Seseorang yang melakukan stalking disebut stalker.

Bila dalam kehidupan nyata, stalking bisa dikategorikan sebagai kejahatan yang serius dan berbahaya karena dapat mengakibatkan konsekuensi yang mengerikan bagi korbannya.

Seseorang yang stalking mungkin mengenal korbannya dengan dekat, seperti menguntit mantan pasangannya atau orang yang dicintai, atau bisa juga pada selebritas yang belum pernah ditemui.

Bentuk Perilaku Stalking

Setelah mengetahui apa itu stlaking, kamu juga perlu tahu apa saja bentuk perilaku stalking. Inilah beberapa bentuk perilaku stalking yang biasa dilakukan stalker.

1. Mengikuti dan Memantau

Foto: Sehatq

Saat ada seseorang yang mengikutimu kemanapun kamu pergi, maka itu adalah menguntit. Tidak masalah tempatnya di mana, itu berarti penguntitan jika seseorang mengikutimu pulang dari kantor, ke rumah teman, atau ke mana pun. Jika seseorang memantau atau melacak pergerakan lokasi kamu, itu berarti stalking.

2. Komunikasi Lewat Orang Lain

Stalker mungkin saja terhalang untuk berkomunikasi denganmu. Mereka pun mencoba berkomunikasi dengan keluarga atau teman dekatmu melalui telepon, SMS, email, atau secara langsung. Ini juga merupakan salah satu bentuk dari stalking.

3. Merusak Fasilitas Orang Lain

Stalker bisa merusak rumah seseorang atau properti lainnya lho, karena itulah mengapa dikatakan berbahaya.  Hal ini mereka lakukan untuk menyakiti atau untuk mencari perhatian korban.

Mereka melakukannya bila kamu telah memberitahu seseorang bahwa kamu tidak ingin berbicara dengannya, dan respon mereka adalah merusak properti kamu, tindakan ini juga termasuk dalam perilaku stalking.

4. Mengancam

Foto: cdn

Setiap tindakan mengancam orang lain, membuat orang lain merasa tidak aman, atau dilecehkan itu merupakan contoh tindakan stalking. Sampai kapanpun jangan pernah melakukan tindakan stalking kepada orang lain ya, Ladies. Hal ini karena stalking dapat mengganggu kehidupan pribadinya.

Jika kamu juga terancam dengan tindakan stalker, pastikan untuk memberi tahu keluarga dan teman dekat untuk bekerja sama melindungimu. Jika berlebihan dan keterlaluan, tidak ada salahnya kamu juga melaporkan pada pihak yang berwajib, ya.

5. Berkeliaran

Tindakan berkeliaran di suatu tempat dapat dianggap menguntit jika seseorang berkeliaran pada tempat-tempat kamu berada. Stalking tidak perlu mencoba berkomunikasi dengan seseorang yang diikutinya. 

Contoh perilaku stalking ini memang rumit, karena orang yang menguntit (stalker) dapat mengklaim bahwa mereka memiliki alasan untuk berada di tempat tersebut

Itulah informasi mengenai apa itu stalking dan beberapa bentuk perilakunya yang membuat tidak aman bahkan bisa membahayakan korbannya. Semoga kamu tidak menjadi salah satu korban stalker apalagi menjadi pelaku stalking, ya.