Jangan Sampai Salah, Ketahui Berbagai Jenis Waxing Sebelum Melakukannya!

Selasa, 21 Desember 2021 | 06:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Jangan Sampai Salah, Ketahui Berbagai Jenis Waxing Sebelum Melakukannya!

Ilustrasi waxing. (Special)

Ladiestory.id - Beberapa perempuan terkadang tidak percaya diri jika memiliki banyak rambut di kulitnya, seperti di tangan ataupun di kaki. Tak hanya itu, bagi para perempuan yang gemar mengenakan pakaian singlet juga akan membiarkan rambut tumbuh pada ketiaknya.

Oleh sebab itu, kebanyakan kaum hawa menggunakan teknik waxing sebagai salah satu perawatan tubuh mereka. Waxing merupakan sebuah metode menghilangkan rambut semi permanen dengan teknik mencabut rambut dari akarnya dengan memanfaatkan lilin.

Biasanya, rambut yang telah di-waxing tidak akan tumbuh dalam jangka waktu 1 bulan, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Jenis Waxing Berdasarkan Tekstur

Jika waxing dilakukan secara rutin, akan ada kemungkinan rambut menghilang secara permanen. Menggunakan teknik waxing rambut dapat membuat rambut tumbuh memiliki rentang waktu lama, dibanding mencukur atau mencabut yang harus dilakukan beberapa hari sekali. Selain menghilangkan rambut, waxing dapat mengangkat sel kulit mati.

Memang perawatan waxing rambut dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun untuk menghindari risiko yang fatal, beberapa orang lebih memilih melakukannya di salon atau klinik estetika.

Perlu diketahui, bahwa ternyata terdapat beberapa jenis waxing. Jika Kamu tertarik untuk melakukan perawatan waxing rambut, alangkah lebih baiknya mengenal jenis waxing terlebih dahulu. Berdasarkan teksturnya, waxing dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Soft Waxing

Ilustrasi soft waxing. (Special)

Soft waxing merupakan jenis waxing paling umum yang banyak diganduringi oleh kaum hawa. Soft waxing juga kerap disebut dengan strip wax dengan memiliki tekstur lilin seperti madu ketika dipanaskan.

Cara mengaplikasikannya dengan menggunakan lilin lembut dari parafin yang dipanaskan. Lalu lilin tersebut disebar pada bagian rambut yang ingin dihilangkan dengan hati-hati. Agar waxing rambut menjadi lebih menyenangkan, Kamu bisa membentuk gambar atau simbol yang disukai lilin tersebut.

Setelah itu, lilin ditutup dengan kain kasa yang didiamkan beberapa saat. Lalu Kamu dapat mencabut secara bersamaan dengan rambut yang menempel.

Jenis waxing soft wax dianjurkan untuk digunakan pada wilayah badan yang luas seperti punggung, lengan, dan kaki. Namun kekurangan dari jenis waxing ini adalah tidak mampu mencabut bulu rambut hingga ke dalam dan Kamu harus menahan rasa sakit saat dilakukan pencabutan.

Satu tips jika hendak melakukan soft waxing, yakni menaburkan bedak sebelum mengoleskan lilin, agar kulit Kamu tidak ikut tertarik.

2. Hard Waxing

Pada dasarnya jenis waxing ini hampir sama dengan soft waxing. Perbedaan terletal pada hard waxing yang tidak menggunakan kain kasa. Hard waxing akan membiarkan lilin mengering dan mengeras setelah diaplikasikan.

Setelah itu, ahli kecantikan mulai mencabut lilin agar terlepas dari kulit Kamu dengan menggunakan jari tangan. Hard waxing dapat digunakan untuk kulit sensitif. Pasalnya lilin yang berkualitas baik seharusnya tidak menempel pada kulit kecuali pada rambut Kamu.

3. Sugar Waxing

Jenis waxing satu ini sangat direkomendasikan bagi Kamu yang memiliki kulit sensitif dan berminyak. Untuk menghasilkan tekstur lengket, Kamu dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti jus lemon, madu, dan gula. Sugar waxing menjadi salah satu jenis waxing yang digemari sebab tidak menimbulkan efek samping dibarengi dengan persiapan yang mudah.

Jenis Waxing Berdasarkan Temperatur

Waxing juga dibagi berdasarkan temperatur, antara lain:

1. Cold Waxing

Ilustrasi cold waxing. (Special)

Jenis waxing ini memang dirancang untuk digunakan di rumah. Sebab persiapan dan penggunaan yang mudah dengan membeli strip tarik dan menghangatkannya. Lalu Kamu dapat menggosokan strip tersebut di antara kedua telapak tangan agar lilin menempel dengan baik pada rambut.

Cara menggunakan cold waxing dengan benar yakni menempatkan lilin menghadap bawah, lalu tekan ke arah tumbuhnya rambut. Setelah itu tarik dari arah yang berlawanan.

2. Hot Waxing

Hot waxing memiliki banyak jenis waxing seperti hard dan soft wax. Kamu dapat memulai proses jenis waxing hot wax dengan memanaskan lilin agar mencair. Lalu cairan lilin tersebut diaplikasikan pada rambut yang ingin dihilangkan.

Jika ingin menggunakan hard waxing, Kamu perlu menggunakan tangan. Namun jika memilih menggunakan soft waxing Kamu memerlukan kain kassa. Kamu dapat menariknya ke arah yang berlawanan dengan arah tumbuhnya rambut dengan gerakan yang mendadak. Hal ini disebabkan karena lilin hanya menempel pada rambut saja.

s