Mengenal Keratosis Pilaris, Penyakit Bintik di Wajah

Selasa, 2 Agustus 2022 | 22:15:00

Mengenal Keratosis Pilaris, Penyakit Bintik Di Wajah

Keratosis Pilaris (Special)

Ladiestory.id - Saat kita menyentuh wajah, sering kali tanpa sadar terdapat bintik kasar seperti kulit ayam yang muncul seiring bertambahnya usia. Penyakit keratosis pilaris sering disebut dengan penyakit kulit ayam atau chicken skin. Berikut penjelasannya.

Apa itu Keratosis Pilaris?

Ilustrasi penyakit Kulit (Special)

Merupakan penyakit kulit yang menimbulkan bercak kasar dan benjolan kecil seperti jerawat pada kulit. Tak hanya pada bagian wajah saja, penyakit ini dapat timbul dibagian kulit lainnya. Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi kering, kasar dan bintik-bintik benjolan.

Penyakit ini biasanya timbul pada musim kemarau, yang membuat kulit menjadi kering dan harus beradaptasi dengan cuaca. Meskipun rutin menggunakan berbagai pelembab, namun penyakit kulit ini kerap muncul pada sebagian orang.

Keratosis pilaris merupakan penyakit kulit yang umum terjadi, diperkirakan sekitar 50% - 80% remaja dan hampir 40% orang dewasa mengalaminya. Penyakit ini tidak dianggap berbahaya dan akan memudar seiring waktu. Tetapi, jika terdapat diarea wajah akan mengganggu saat makeup.

Penyebab Keratosis Pilaris

Ilustrasi Penyakit Kulit (Special)

Penyakit ini mencul saat pori-pori kulit tersumbat oleh penumpukan keratin. Keratin merupakan protein padat yang melindungi kulit dari zat berbahaya dan infeksi. Selain faktor dari cuaca kemarau, penyakit ini diduga dengan kaitan kelainan genetik.

Tanda dan Gejala Penyakit Keratosis Pilaris

Ilustrasi Masalah Kulit (pinterest)

Penyakit ini dapat di diagnosis dengan mudah, kamu dapat melihat area kulit yang terasa kasar dan kering. Adanya kelainan genetik juga dapat membantu untuk mendiagnosis penyakit ini. Meskipun sangat mengganggu, penyakit ini tidak berbahaya dan tidak menular.

  • Timbul benjolan kecil tanpa rasa sakit
  • Kulit terasa kering dan kasar di daerah benjolan
  • Penyakit ini memburuk saat kemarau atau cuaca kering
  • Bintik-bintik terasa seperti kulit yang merinding
  • Terkadang timbul rasa gatal

Faktor yang Meningkatkan Risiko Keratosis Pilaris

Ilustrasi Masalah Kulit (pinterest)

Meskipun efek yang lebih timbul karena adanya genetik, faktor lain yang berpengaruh adalah:

  • Memiliki riwayat asma
  • Obesitas
  • Memiliki kulit yang cenderung kering
  • Mengalami Ichthyosis vulgaris, kondisi yang menyebabkan kulit menjadi sangat kering.

Cara Cegah Penyakit Keratosis Pilaris

Ilustrasi Wanita Mandi (Woop)

Penyakit ini tidak memerlukan penangan khusus karena akan sembuh dengan sendirinya. Namun, kamu bisa mencegah penyakit ini agar tidak timbul. Berikut beberapa hal yang dapat kamu coba:

  • Mandi menggunakan Air Hangat

Menurut studi National Library of Medicine, mandi air hangat memiliki banyak manfaat. Salah satunya meminimalkan kelebihan minyak, melonggarkan penyumbatan pada pori-pori kulit. Meskipun baik, tidak boleh terlalu lama mandi dalam air hangat, karena akan menghilangkan minyak alami pada permukaan kulit dan membuat kulit menjadi lebih kering dan iritasi.

  • Eksfoliasi

Melakukan ekfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada pori-pori. Lakukan ekfoliasi seminggu dua kali pada tubuh maupun kulit wajah agar sel kulit mati tidak menyebabkan masalah pada wajah seperti Jerawat, bruntusan atau lainnya. 

s