Mengetahui Jenis-Jenis Kata Tanya Dan Kegunaannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Senin, 30 Agustus 2021 | 06:26:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Mengetahui Jenis-Jenis Kata Tanya Dan Kegunaannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Foto: Genmuda

Berdasarkan KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia) kata merupakan suatu unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan serta merupakan perwujudan kesatuan pemikiran dan perasaan yang dapat digunakan dalam berbahasa.

Menurut linguistik, kata berarti satuan bahasa yang tersusun atas morfem tunggal maupun gabungan morfem. Kata sendiri memiliki beraneka macam jenis. Satu diantara jenis-jenis kata itu yakni kata tanya.

Pada kehidupan sehari-hari, pastinya kita akan menjumpai kata tanya baik pada suatu acara formal ataupun non formal.

Kalimat tanya adalah suatu kesatuan ujar yang dapat menjelaskan konsep pemikiran dan perasaan dan memiliki kandungan adanya intonasi dan makna sebuah pertanyaan.

Bentuk jawaban dari terdapatnya kalimat tanya bergantung pada bentuk pertanyaan dan kondisi pada percakapan, dapat berupa penjelasan panjang atau hanya konfirmasi saja.

Beberapa ciri kata ini yaitu sebagai berikut:

Foto: Merdeka

 

1. Selalu diikuti tanda tanya (?) pada setiap akhir kalimat yang merupakan kata tanya.

2. Terletak di awal sebuah kalimat tanya. (Walaupun demikian, terdapat juga sejumlah kata tanya yang dapat diletakkan di akhir kalimat tanya)

3. Dapat ditambah dengan akhiran -kah.

4. Mengenakan tanya yang umum disebut 5 W + 1 H (Who, When, Where, Why, What, dan How).

Selain ciri, kata tanya pun memiliki sejumlah jenis, fungsi, serta contohnya. Kata tanya memiliki sejumlah jenis dengan fungsi dan contoh seperti berikut:

Apa

Kata tersebut adalah kata yang berfungsi dalam menanyakan sesuatu baik berbentuk kondisi atau perbuatan yang berhubungan dengan isi atau inti bahasan. Terdapat juga tanggapan untuk kata tanya ini yaitu suatu pengertian, keterangan mupun penjelasan dari apa yang ditanyakan.

Siapa

Kata di atas adalah kata tanya yang berfungsi dalam menanyakan pelaku yang berhubungan, tersangkut atau turut serta pada suatu peristiwa atau kejadian. Terdapat juga jawaban dari kata tanya ini yaitu orang atau pelaku suatu tindakan tersebut.

Kapan

Kapan adalah suatu bentuk kata tanya yang dipakai dalam menanyakan waktu atau interval suatu kejadian yang terjadi. Jawaban yang hadir dari pemakaian kata kapan bisa berupa keterangan tahun, bulan, tanggal, hari, dan jam atau dapat juga lama suatu kejadian.

(Di, Ke, Dari) Mana

Kata di atas merupakan sebuah kata tanya yang berfungsi dalam menanyakan tempat suatu peristiwa berlangsung, lokasi yang akan dituju, dan tempat yang tengah dipakai atau yang sedang disambangi. Terdapat juga jawaban atas kata tanya ini yaitu hal-hal yang ditanyakan oleh kata tanya tersebut.

Mengapa

Kata di atas merupakan kata tanya yang berfungsi menjadi penanya alasan atau sebab sebuah peristiwa yang terjadi. Tanggapan terhadap kata tanya ini yaitu penyebab kenapa peristiwa itu terjadi. Biasanya jawabannya dimulai dengan konjungsi karena atau sebab.

Bagaimana

Bagaimana adalah kata yang dipakai dalam menanyakan suatu cara, perbuatan, akibat dari suatu tindakan. Bagaimana juga dapat dipakai dalam meminta pendapat dari orang lain maupun melakukan penilaian dari suatu pendapat. Jawaban dari kata bagaimana dapat berupa penjelasan dan keadaan dari suatu peristiwa, cara dan proses terjadinya.

Berapa

Jenis kata tanya yang terakhir ini memiliki fungsi menjadi penanya banyak, jumlah, atau satuan. Terdapat juga jawaban atas kata tanya ini yaitu banyak, jumlah, atau satuan yang ingin ditanyakan.

Pada kehidupan sehari hari kamu pasti sering menjumpai kata maupun kalimat tanya. Entah itu dari keluarga, teman, atau bahkan gurumu. Kalimat tanya sudah seperti menjadi hal yang wajib diucapkan pada tiap harinya.

Berita Terkait