Menikah di Tengah Pandemi? Ketahui Makna dari 6 Istilah Baru Ini!

Selasa, 16 Maret 2021 | 18:30:52

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Menikah di Tengah Pandemi? Ketahui Makna dari 6 Istilah Baru Ini!

Foto: Liputan6

Pandemi melahirkan banyak hal baru dalam banyak segi kehidupan kita. Dalam pernikahan tidak terkecuali. Banyak orang yang memutuskan tetap melaksanakan pernikahan saat pandemi, tentunya dengan banyak penyesuaian yang bahkan tidak terpikirkan sebelumnya. Ini dia beberapa istilah baru dalam industri pernikahan yang menarik diketahui maknanya!

Micro Wedding

Menikah di Tengah Pandemi
Foto: Ladiestory.id

Melansir situs pernikahan, weddingku.com, micro wedding adalah konsep pernikahan yang hanya dihadiri 50 orang sebagai undangan. Konsep ini hampir sama dengan intimate wedding, namun dalam intimate wedding, jumlah undangannya sedikit lebih banyak, yaitu bisa mencapai 100-200 orang.

Istilah micro wedding sendiri muncul di masa pandemi tentu saja karena peraturan pemerintah yang mewajibkan menjaga jarak fisik/social distancing saat berada di lokasi yang ramai dikunjungi orang. Untuk mewujudkan jaga jarak demi menekan risiko penyebaran virus penyakit, micro wedding jadi pilihan paling tepat.

Virtual Wedding

Sejalan dengan konsep micro wedding, virtual wedding juga akan hanya dihadiri sangat sedikit orang. Kemungkinan hanyalah keluarga inti dan petugas keagamaan/pemerintahan yang menikahkan saja yang hadir di lokasi secara langsung. Selebihnya, pernikahan ini dapat dihadiri oleh undangan secara virtual.

Seseorang akan ditugaskan bertanggung jawab merekam dan menyiarkan secara langsung (biasanya di media sosial) semua prosesi pernikahan.

Mulai dari upacara agama, pertukaran cincin kawin atau cincin nikah, hingga pesan penutup dari pengantin ataupun keluarga. Lagi-lagi, tujuannya adalah mengurangi risiko penyebaran penyakit sesuai anjuran pemerintah.

Corona Bride/Groom

Menikah di Tengah Pandemi
Foto: Frank & co

Walau terdengar agak menyeramkan, namun istilah ini memang ada, untuk menggambarkan dua orang pasangan atau calon mempelai yang menikah di tengah pandemi.

Seperti yang kita tahu, kondisi ini disebabkan oleh adanya virus corona penyebab penyakit Covid-19, jadi mereka yang menikah di masa ini disebut corona bride atau corona groom. Semoga masa-masa sulit ini segera berlalu dan kita bisa meninggalkan penggunaan istilah ini ya!

Covid-Conscious

Secara literal berarti kesadaran akan penyakit Covid-19. Istilah ini banyak digunakan bukan hanya dalam pernikahan namun di berbagai aspek lainnya. Istilah covid-conscious digunakan dalam industri pernikahan karena memang masih banyak orang yang harus dan berniat melangsungkan pernikahan di tengah situasi pandemi.

Hal ini tentu saja diizinkan selama mengikuti protokol kesehatan yang ada, namun selain harus sesuai aturan, pernikahan juga harus dilandasi oleh kesadaran yang mendalam seperti jaga jarak, memakai masker dan lain sebagainya.

Wifelorette

Istilah ini adalah lawan kata dari bachelorette (party). Bachelorette party adalah pesta lajang sebelum calon pengantin melangsungkan pernikahan. Namun karena situasi pandemi, tradisi non formal ini nampaknya harus ditiadakan dan diganti dengan wifelorette, yaitu berpesta setelah pernikahan dengan pasangan sendiri yang sudah sah.

Latermoon

Menikah di Tengah Pandemi
Foto: Frank & co

Menikah di masa pandemi memang tidak dilarang. Karena mungkin saja banyak pasangan telah merencanakan pernikahan sejak lama. Telah memilih dan membeli cincin nikah atau cincin kawin, dengan model cincin kawin yang selalu diinginkan, membuat pernikahan mau tidak mau harus dilangsungkan di tengah pandemi.

Tentu saja dengan mengikuti peraturan akan protokol kesehatan. Namun, bagaimana dengan honeymoon? Nampaknya kamu perlu mempertimbangkan untuk menunda kegiatan yang satu ini hingga situasi lebih kondusif ya. Nah, menunda honeymoon ini melahirkan istilah latermoon, deh!

Itu dia istilah-istilah baru dalam hal pernikahan yang perlu kamu ketahui maknanya. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan di tengah pandemi, tetap semangat dan selalu ambil keputusan terkait pernikahan dengan penuh kesadaran ya. Jangan lupa untuk mendapatkan model cincin kawin terbaik kamu bisa mempercayakannya pada Frank & co.

 

Berita Terkait