Menjelajahi Pesona Keindahan Candi Ratu Boko Sleman, Yogyakarta

Kamis, 11 November 2021 | 14:10:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Menjelajahi Pesona Keindahan Candi Ratu Boko Sleman, Yogyakarta

Foto: Idetrips

Ladiestory.id - Kota Yogyakarta memang terkenal  sebagai gudangnya pariwisata, karena itu tak heran bila banyak dijumpai objek wisata dari mulai pantai hingga candi. Salah satu candi yang ada di Yogyakarta adalah Candi Ratu Boko, yang merupakan peninggalan sejarah bangsa Indonesia.

Candi Ratu Boko merupakan salah satu candi peninggalan dari kerajaan Ratu Boko. Tempat ini bisa juga disebut  sebagai Situs Ratu Boko.

Hal ini lantaran candi Ratu Boko hanyalah berupa reruntuhan keraton atau istana dan tidak seperti menyerupai sebuah candi pada umumnya. Namun begitu, kawasan Candi Ratu Boko juga memiliki beberapa tempat yang menarik dan layak buat dikunjungi.

Arsitektur Pada Bangunan Candi Ratu Boko

Foto: republika

Candi Ratu Boko yang berlokasi di Desa Gatak, Kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman-Yogyakarta ini memiliki gaya arsitektur yang unik. Pada bagian gerbang Situs candi ratu Boko terdapat dua gerbang yaitu bagian luar dan dalam. Gerbang bagian dalam adalah gerbang utama keraton dan ukuran lebih besar dibanding gerbang luar. 

Pada gerbang utama tersebut terdapat 5 susun gapura paduraksa sedangkan pada gerbang bagian luarnya terdapat 3 susun gapura paduraksa. Selain itu ditemukan juga tulisan dari Panabwara, yang merupakan putra dari Raja Rakai Panangkaran, penguasa dari keraton Ratu Boko.

Dalam area komplek Candi Ratu Boko ini terdapat dua bangunan seperti candi yaitu Batu Putih dan Batu Kapur. Disebut candi Batu Kapur karena bangunan ini terbuat dari batu kapur, namun sayang bagian atasnya sudah tidak ada.

Sedangkan pada bagian dalam Candi Ratu Boko terdapat Sumur Suci dan Candi Pembakaran. Disebut Candi Pembakaran karena terdapat abu seperti bekas pembakaran dan bangunan ini dibuat dari material batu andesit.

Dari dalam Candi Pembakaran ini dapat terlihat adanya Sumur Suci yang kedalamannya hingga 2 meter. Sumur Suci ini konon dulunya dipakai untuk tempat upacara keagamaan yang diadakan di Candi Pembakaran.

Tempat Menarik buat Berfoto di Candi Ratu Boko

Ada beberapa spot foto Candi Ratu Boko yang menarik yang dapat dinikmati saat berkunjung ke tempat ini.

1. Gerbang Candi Ratu Boko

Foto: wisatapositive

Pada bagian gerbang ini Anda akan menyaksikan bebatuan yang unik berupa situs purbakala. Selain itu gerbang Ratu Boko juga memiliki landscape yang cukup menarik, sehingga bagian ini juga  menjadi salah satu spot favorit wisatawan buat berfoto ria.

2. Pepohonan Rindang di Komplek Ratu Boko

Foto: indonesiakaya

Pada sepanjang area komplek Ratu Boko terdapat hamparan tanah dengan pepohonan rindang sebagai tempat bersantai para wisatawan. Dengan latar yang unik berupa reruntuhan candi ditambah rindangnya pepohonan, area ini juga banyak dijadikan para wisatawan buat spot foto.

3. Keputren dan Pendopo Keraton Ratu Boko

Foto: mapio

Di bagian keputren dan pendopo situs keraton ratu Boko ini  merupakan spot yang menarik, dimana terdapat susunan bebatuan dan kolam pemandian para putri raja pada zaman dulu. Perpaduan unik dari keduanya menjadi hal menarik bagi para wisatawan.

Nah, itulah sekilas info mengenai keindahan Candi Ratu Boko yang layak dikunjungi bila berwisata ke kota Yogyakarta. Tertarik untuk mengunjungi Candi Ratu Boko?