Meski Indah, 5 Bahaya Mewarnai Rambut

Minggu, 10 Juli 2022 | 11:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Meski Indah, 5 Bahaya Mewarnai Rambut

Ilustrasi bahaya cat rambut. (Special)

Ladiestory.id - Banyak orang melakukan segala upaya demi menunjang penampilan. Salah satunya dengan mewarnai rambut agar terlihat lebih menawan.

Banyak orang yang kerap gonta-ganti warna rambut sesuai dengan mood mereka. Meski terlihat indah, namun cat rambut memiliki kandungan zat berbahaya di dalamnya.

Terlalu sering mengganti warna rambut menggunakan semir sintetis mampu membuat beberapa masalah kesehatan. Inilah 5 bahaya semir rambut yang wajib Ladies ketahui. 

Mengakibatkan Reaksi Alergi

Ilustrasi bahaya cat rambut. (Special)

Tak hanya makan telur yang mengakibatkan alergi. Namun mengecat rambut pun memiliki dampak yang akan mengakibatkan alergi. Biasanya dampak ini timbul lantaran kulit kepala yang tidak cocok dengan bahan kimia dari cat rambut.

Terlebih cat rambut memiliki kandungan resorsinol ataupun kandungan toksik lainnya. Kandungan-kandungan inilah yang memicu munculnya alergi pada kulit kepala.

Reaksi alergi yang ditimbulkan pada masing-masing orang akan berbeda, tergantung pada kondisi kulit kelapa itu sendiri. Ada yang merasa gatal-gatal, adapun yang muncul ruam merah pada kulit kepala.

Demi kesehatan, alangkah lebih baiknya melalukan tes awal sebelum mewarnai rambut.

Iritasi Mata

Ilustrasi bahaya cat rambut. (Special)

Dampak yang kerap dialami oleh kebanyakan orang seusai mewarnai rambut adalah iritasi mata. Memang tidak secara terang-terangan cat rambut tersebut mengenai atau pun dioleskan ke mata.

Namun, cat rambut memiliki beberapa kandungan dan zat yang dapat membahayakan. Nah, zat tersebut dapat berubah menjadi gas, yang nantinya dapat masuk ke dalam mata dan menimbulkan iritasi.

Tak hanya itu, zat atau kandungan dari cat rambut itu nantinya akan meresap ke kulit kepala. Saat meresap, kemungkinan besar zat akan mengenai beberapa syaraf yang ada di kepala.

Akan sangat berbahaya jika zat tersebut mengenai syarat yang berhubungan dengan mata. Kondisi ini akan memicu iritasi pada mata. Biasanya mata akan membengkak dan memerah.

Kanker

Ilustrasi bahaya cat rambut. (Special)

Seperti yang diketahui kanker menjadi salah satu penyumbang penyakit yang mengakibatkan kematian. Bahkan, hingga kini penyakit kanker belum ditemukan obatnya. Maka, tak heran jika banyak orang yang takut dengan penyakit ini.

Kanker dipicu karena banyak faktor, mulai dari keturunan, hingga pola hidup yang tidak sehat. Namun tahu kah kamu, mewarnai rambut juga bisa menjadi salah satu pemicu penyakit mematikan ini.

Pasalnya, cat rambut atau semir memiliki senyawa bersifat karsinogenik. Sifat inilah yang menjadi penyebab penyakit kanker muncul.

Selain itu, cat rambut memiliki kandungan zat kimia lead acetate dan coal tar. Dikabarkan dua zat ini juga menjadi penyebab timbulnya kanker.

Namun, masih banyak studi dan penelitian yang mengkaji terkait kasus ini.

Memicu Asma

Ilustrasi bahaya cat rambut. (Special)

Zat rambut juga akan memicu gangguan pernapasan yakni asma. Hal ini disebabkan lantaran semir memiliki kandungan paraphenylenediamine atau PPD.

Biasanya paparan ini akan terlebih dahulu mengakibatkan batuk. Namun, lama kelamaan dampak dari paparan PPD akan membuat seseorang berisiko terkena asma.

Oleh karena itu, bagi penderita asma sangat tidak dianjurkan untuk mewarnai rambut. Sebab, asma pada penderita akan semakin parah jika terkena paparan PPD.

Ilustrasi bahaya cat rambut. (Special)

Buat para ibu yang sedang menjalankan program hamil, sangat tidak dianjurkan melakukan pewarnaan rambut. Pasalnya, salah satu dampak atau bahaya dari semir adalah menurunkan kesuburan.

Semir memiliki fertilitas yang dapat menganggu kesuburan seseorang. Bahkan, hal ini tidak hanya berlaku bagi wanita. Namun, berlaku pula bagi para pria.

Selain menurunkan kesuburan, semir rambut juga berisiko pada ibu hamil. Pasalnya, zat yang ada di dalam cat rambut dapat mengganggu janin dalam kandungan.

Cat rambut akan mempengaruhi tumbung kembang janin. Terlebih, jika ibu hamil menggunakan pewarna rambut sintetis.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tahan keinginan mewarnai rambut selama masa kehamilan.