Moms, Intip Manfaat Pepaya bagi Bayi

Kamis, 24 Februari 2022 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Moms, Intip Manfaat Pepaya Bagi Bayi

Ilustrasi buah pepaya. (Special)

Ladiestory.id - Menurut sebuah penelitian, pengenalan makanan padat seperti buah-buahan dan sayuran dalam makanan bayi sekitar empat bulan dapat membantu meningkatkan keinginan mereka untuk memakannya seiring bertambahnya usia. Hal ini bersamaan dengan menurunkan risiko masalah makan, obesitas, dan alergi makanan pada bayi.

Pepaya merupakan salah satu makanan padat yang sehat, diperbolehkan dalam jumlah kecil bersama dengan ASI untuk memberikan nutrisi tambahan kepada anak di atas empat tahun. Buah ini tidak hanya membantu menjaga kesehatan, tetapi juga mengobati masalah postpartum tertentu pada ibu.

Berikut beberapa manfaat pepaya bagi kesehatan bayi yang dilansir dari BoldSky Online.

Mengobati Ruam

Ilustrasi Ruam pada Anak. (Special)

Daging buah pepaya bisa menjadi obat rumah yang efektif untuk mengobati ruam pada bayi. Papain dan chymopapain dalam pepaya memiliki efek anti-inflamasi.

Ketika dioleskan pada kulit, senyawa tersebut dapat membantu mengurangi benjolan kecil, ruam dan nyeri. Namun, para ahli medis menyarankan untuk melakukan tes tempel terlebih dahulu pada area kulit kecil bayi karena terkadang senyawa ini dapat menyebabkan reaksi alergi dan meningkatkan rasa gatal dan ruam.

Mengobati Trombositopenia Neonatus Persisten

 

Ilustrasi bayi sedang sakit. (Special)

Pada sekitar 1-5 persen bayi baru lahir prematur, trombositopenia neonatus (NT) adalah kondisi umum yang didiagnosis dalam 72 jam pertama kehidupan mereka dan terutama disebabkan karena berkurangnya jumlah trombosit dalam tubuh mereka. NT dapat menyebabkan komplikasi seperti perdarahan intraventrikular.

Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun pepaya dapat menjadi terapi yang aman, murah dan efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit pada bayi dengan trombositopenia persisten, bersama dengan terapi obat tertentu.

Sembuhkan Luka Bakar pada Anak

Ilustrasi luka bakar pada anak. (Special)

Sebuah penelitian menyebutkan peran penting pepaya dalam pengobatan tradisional Afrika untuk pengelolaan luka bakar dan penyembuhan luka pada anak-anak. Bubur pepaya ditoleransi dengan baik oleh anak-anak ketika digunakan sebagai pembalut luka bakar. Ini juga tersedia secara luas dan merupakan cara pengobatan termurah.

Pulp pepaya memiliki tindakan antimikroba karena papain dan chymopapain ketika dihaluskan dan dioleskan, luka bakar sembuh lebih cepat dan risiko infeksi luka juga berkurang.

Meringankan Sembelit

Ilustrasi Anak Buang Air Besar atau BAB. (Special)

 

Sembelit kronis sering terjadi pada anak-anak dan pengobatannya tidak hanya tergantung pada obat-obatan tetapi juga perubahan gaya hidup dan diet yang tepat. Pepaya adalah pencahar yang kaya serat makanan dan enzim seperti papain yang dapat membantu mendukung sistem pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus dan buang air besar pada anak-anak. 

Mengobati Cacingan

Studi mengatakan bahwa faktor-faktor tertentu seperti kekurangan gizi, bersentuhan dengan orang yang terinfeksi, berjalan tanpa alas kaki di tanah dan makan makanan yang terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi cacing usus pada bayi dan berdampak buruk pada kesehatan mereka dalam banyak hal.

Pepaya dan bijinya memiliki sifat anthelmintik dan anti-amoeba yang dapat membantu membersihkan parasit melalui tinja tanpa menimbulkan efek samping. Anda dapat memberikan satu sendok teh bubuk biji pepaya dengan madu selama beberapa hari.

Meningkatkan Kekebalan

Ilustrasi bayi sedang sakit. (Special)

Pepaya kaya akan vitamin A, bahkan lebih banyak dibandingkan tomat dan wortel. Ini juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, vitamin B, asam pantotenat, folat, kalium, magnesium dan flavonoid. Semua nutrisi penting ini memiliki efek imunomodulasi yang efektif yang dapat membantu meningkatkan kekebalan pada anak-anak hingga tahap kehidupan selanjutnya.