Mulai dari Jinak hingga Ganas, Kenali Ciri-ciri Tumor Payudara

Kamis, 16 Juni 2022 | 14:30:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Mulai Dari Jinak Hingga Ganas, Kenali Ciri-Ciri Tumor Payudara

Ilustrasi simbol tumor payudara (Special)

Ladiestory.id - Baru-baru ini Marshanda mengungkapkan kepasrahannya terkait penyakit yang ia derita, yaitu tumor payudara. Ia telah mengidap penyakit ini sejak Mei 2022 lalu.

Tumor, berdasarkan Nationalbreastcancer.org, merupakan massa jaringan abnormal. Sedangkan tumor payudara terjadi karena adanya pertumbuhan abnormal dari sel-sel pada payudara. Tak selalu ganas, tumor payudara juga ada yang jinak loh. Yuk, kenali ciri-cirinya supaya lebih waspada.

Tumor Payudara Jinak

Penyebab tumor payudara jinak diantaranya adalah fibroadenoma, fibrokistik, dan kista payudara. Fibroadenoma seringnya dialami oleh perempuan dengan rentang usia 15-35 tahun. Ini terjadi ketika adanya pertumbuhan secara berlebihan pada sel-sel kelenjar dan jaringan ikat payudara. Faktor pemicunya adalah pengaruh hormon dalam tubuh perempuan.

Kemudian pada fibrokistik, faktor pemicunya adalah perubahan hormon yang disebabkan oleh siklus menstruasi. Karena itu, benjolan yang ada di payudara karena ini akan hilang dan timbul sesuai dengan siklus menstruasi. Fibrokistik biasanya terjadi pada perempuan dengan rentang usia 20-50 tahun.

Pada salah satu atau kedua payudara, bisa saja terbentuk benjolan yang berisi cairan. Benjolan tersebut yang disebut sebagai kista payudara. Biasanya terjadi pada perempuan dengan usia 30-50 tahun. Kista payudara ini tidak selalu bersifat kanker.

Ciri-ciri tumor payudara jinak adalah memiliki batas tepi benjolan yang jelas, terasa kenyal dan lunak jika dipegang, serta benjolan dapat digerakkan dengan mudah.

Tumor Payudara Ganas

Tumor payudara ganas adalah tumor yang bersifat kanker dan memiliki kemungkinan bersifat agresif. Tumor ini menyerang serta merusak jaringan di sekitar payudara. Tak hanya menyerang sel payudara yang rusak, ia juga menyebar ke sel payudara yang masih normal dan masuk ke organ tubuh.

Ciri-ciri yang terjadi pada tumor jenis ini adalah kebalikan dari tumor payudara jinak. Diantaranya: tidak memiliki batasan tepi benjolan yang jelas, terasa keras dan padat jika dipegang, dan sulit untuk digerakkan atau seperti menyatu dengan sekitarnya.

Itu dia perbedaan antara tumor payudara jinak dan ganas. Ladies, jika kalian menemui benjolan pada payudara yang dirasa tidak normal, segera cek ke dokter ya!

s