Ngaku Pacaran dengan Perempuan 14 Tahun, Kriss Hatta Dikecam Publik Hingga KPAI

Rabu, 28 September 2022 | 15:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Ngaku Pacaran Dengan Perempuan 14 Tahun, Kriss Hatta Dikecam Publik Hingga Kpai

Kriss Hatta. (Spesial)

Ladiestory.id - Nama aktor Kriss Hatta kini tengah menjadi pembicaraan panas di kalangan publik. Hal ini lantaran mantan suami dari Hilda Vitria tersebut mengaku tengah menjalin hubungan asmara dengan seorang perempuan yang usianya terpaut 20 tahun dengannya.

Kriss Hatta sendiri kini diketahui berusia 34 tahun, dengan informasi yang disampaikannya, sosok kekasihnya berarti masih berusia 14 tahun atau berada di bawah umur. Sementara itu, selain perihal perbedaan usia, Kriss Hatta sendiri menolak untuk membocorkan sosok sang kekasih, yang disebut tengah merintis kariernya di dunia hiburan.

Kriss Hatta Pacri Anak Di Bawah Umur. (Spesial)

"Nyaman kok sama anak beda usia 20 tahun. Orangnya baik, lebih sabar menghadapi aku yang dominan," ujar Kriss Hatta dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sambel Lalap pada Minggu (24/9/2022).

Tak lama setelah pernyataan Kriss Hatta ini beredar, warganet pun langsung bereaksi dengan mengecam sang aktor. Tidak cukup sampai situ, di sejumlah media sosial, namanya pun sempat menjadi trending. Bahkan, ia disebut sebagai pedofil, lantaran memacari anak di bawah umur.

Selain mendapatkan kecaman dari warganet, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pun akhirnya angkat bicara mengenai hubungan asmara dengan anak di bawah umur ini. Melalui keterangan tertulis, Retno Listyarti selaku Komisioner KPAI mengecam perbuatan sang aktor yang dinilai berpotensi mengglorifikasi perkawinan anak.

"Kriss Hatta yang mengaku secara terbuka sedang berpacaran dengan anak di bawah umur (14 tahun), bahkan mendapatkan restu dari ibunda sang pacar, dan diperkenankan menikah setelah anaknya lulus SMA," tulis Retno pada Rabu (28/9/2022).

"Mengecam Kriss Hatta sebagai public figure yang telah memberikan contoh buruk pada masyarakat terutama para remaja. Hal ini berpotensi ditiru oleh masyarakat Indonesia. Hal itu juga berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak. Padahal pemerintah pusat dan daerah sedang giat berjuang menurunkan angka perkawinan anak," sambung pernyataan tersebut.

Di akhir pernyataannya, Retno pun kembali meminta agar Kriss Hatta berhenti untuk membuat percintaan antara orang dewasa dan anak di bawah umur menjadi wajar di masyarakat.

"Hal itu berpotensi kuat terjadi glorifikasi kisah cinta orang dewasa yang sudah pantas menjadi ayahnya dengan anak di bawah umur. Jangan sampai hal ini dianggap wajar oleh publik," tutup perwakilan KPAI.