Kenali Yoga Bikram, Olahraga Mudah yang Bikin Tubuh Sehat dan Bugar

Minggu, 27 November 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Kenali Yoga Bikram, Olahraga Mudah Yang Bikin Tubuh Sehat Dan Bugar

Ilustrasi yoga bikram. (Special)

Ladiestory.id - Kesibukan seseorang terkadang membuatnya kesulitan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tak ayal, olahraga menjadi kegiatan yang paling sering terlewatkan. Padahal, olahraga dapat membantu manusia tetap sehat.

Selain itu, olahraga juga dapat menjaga manusia dalam menjalani kesehariannya secara maksimal. Nah, bagi kamu yang sering melewatkan olahraga, yoga bikram dapat menjadi alternatif untuk kamu coba. Sebab, olahraga satu ini sangat mudah dilakukan dan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Penasaran, apa itu yoga bikram? Yuk, simak ulasannya berikut!

Pengertian Yoga Bikram

Ilustrasi yoga bikram. (Special)

Yoga ini diberi nama yang sesuai dengan penciptanya, yaitu Bikram Choudhury. Yoga bikram melibatkan suhu panas dalam ruangan selama latihan.

Selain melibatkan relaksasi dan meditasi dalam menjaga kebugaran, yoga bikram juga dapat membantumu mencegah stres dan juga membakar kalori tubuh lebih banyak. Sehingga, yoga bikram merupakan jenis olahraga yang efektif dapat membantu kamu menjaga kesehatan dan kebugaran secara secara fisik maupun psikis. Lengkap, bukan?

Gerakan dalam Yoga Bikram

Ilustrasi yoga bikram. (Special)

Yoga bikram sering juga disebut sebagai hot yoga. Sebab, yoga ini dilakukan dalam ruangan yang bersuhu panas sekitar 36-40 derajat celsius.

Gerakan dalam yoga bikram juga terbilang sama dengan biasanya. Meski begitu, yoga bikram memiliki gerakan khusus yang memperagakan 26 postur yoga serta dua latihan pernapasan yang dilakukan dalam ruangan panas selama 90 menit.

Beberapa gerakan dalam yoga bikram, seperti pranayama breathing, half moon pose, triangle pose, corpse pose, cobra pose, spine twisting pose, hingga kapalabhati breathing. Tak hanya tujuh gerakan tersebut, hal yang juga merupakan keunikan dari yoga bikram yaitu instruktur yoga tidak memperagakannya.

Instruktur hanya akan berbicara mengenai panduan gerakan, sehingga kamu memiliki waktu untuk berpikir sejenak. Hal ini dilakukan untuk membantumu untuk latihan mindfulness dalam melakukan yoga. Hal ini bisa membantumu menjadi lebih fokus, mengurangi rasa cemas dan stres.

Manfaat Yoga Bikram

Ilustrasi yoga bikram. (Special)

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan yoga bikram, salah satunya membuat tubuhmu menjadi langsing. Sebab, yoga bikram mampu membakar 500-600 kalori per sesinya.

Selain itu, yoga bikram dapat membantu percepatan dalam pemulihan cedera. Tubuh pun menjadi lebih kuat dan lentur.

Yoga bikram juga akan membantu tubuhmu lebih tenang, memperbaiki kualitas tidur, hingga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Racun-racun dalam tubuh juga mudah keluar melalui keringat. Terakhir, peredaran darah menjadi lebih lancar dan pernapasan menjadi lancar.

Efek Samping Yoga Bikram

Ilustrasi yoga bikram. (Special)

Meski memiliki banyak manfaat, yoga bikram juga memiliki efek samping, terutama, berkaitan dengan kesehatan tubuhmu. Hal ini dikarenakan kondisi ruangan yang digunakan saat melakukan yoga bikram terbilang memiliki temperatur cukup tinggi.

Sehingga, bagi perempuan yang tengah mengandung, tidak disarankan melakukan yoga bikram . Selain itu, kamu juga dapat mengalami dehidrasi hingga hyperthermia, yang ditandai dengan kepala pusing.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu melakukan adaptasi pada suhu ruangan, tidak gugup dan juga menghindari makan dalam porsi besar sebelum berlatih yoga bikram. Tak lupa juga, untuk selalu penuhi kebutuhan mineral dengan meminum air yang mengandung elektrolit, ya.

Apakah kamu tertarik mencoba yoga bikram, Ladies?