5 Penawar Perut Panas Seusai Makan Pedas

Kamis, 21 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Penawar Perut Panas Seusai Makan Pedas

Ilustrasi perempuan makan pedas. (Special)

Ladiestory.id - Banyak orang yang senang mengonsumsi makanan pedas karena sensasinya. Namun, jika mengonsumsinya terlalu banyak, hal itu akan membuat sakit perut. Selain itu, perut akan terasa panas setelah mengonsumsi makanan pedas. Untuk itu, pasti Kamu berusaha mencari cara untuk mendinginkan perut.

Namun sejatinya, tidak ada istilah mendinginkan perut dalam dunia medis. Sedangkan dokter mengartikan sebagai menyamankan kondisi perut seusai terpapar makanan. Kondisi ini lebih umum terjadi jika Kamu mengonsumsinya terlalu sering atau terlalu banyak. Agar tidak menganggu, yuk ketahui cara menghilangkan sensasi panas di perut seusai makan pedas.

Minum Susu

Ilustrasi susu. (Special)

Ya, cara yang pertama ini memang dikenal ampuh untuk mengatasi perut panas setelah makan pedas. Susu memang sangat bermanfaat untuk meredakan perut panas seusai mengonsumsi makanan pedas. Hal ini disebabkan susu memiliki kandungan protein kasein yang tidak dimiliki pada air putih. Nah, kandungan susu yang satu ini bisa menghilangkan sensasi panas pada perut.

Padahal, makanan pedas pasti mengandung capsaicin yang hanya bisa dilarutkan dengan susu. Sehingga protein kasein dalam susu bertindak layaknya detergen dalam mengikat dan melarutkan capsaicin. Susu bisa dijadikan sebagai obat untuk menetralkan asam yang ditimbulkan dari makanan pedas. Namun, bukan berarti semakin banyak minum susu, kondisi perut semakin membaik.

Sebaliknya, jika terlalu banyak minum susu justru akan membuat perut menjadi tidak nyaman. Setidaknya, cukup minum setengah gelas susu dan duduk tegak selama 30 menit.

Makan Nasi atau Roti

Ilustrasi roti tawar. (Special)

Cara selanjutnya untuk menghilangkan rasa panas seusai makan pedas adalah mengonsumsi nasi atau roti. Sebenarnya kedua makanan ini tidak dapat melarutkan capsaicin.

Namun, memang keduanya dapat menyerap dan menghentikan sensasi panas di perut seusai makan makanan pedas. Bahkan, kedua makanan ini menjadi salah satu alternatif jika Kamu tidak memiliki susu ataupun tidak suka dengan susu.

Minum Teh Peppermint

Ilustrasi teh peppermint. (Special)

Selain susu, Kamu bisa minum teh peppermint untuk menghilangkan perut panas sesuai makan pedas. Sebab peppermint dapat membantu berbagai masalah pencernaan. Di antaranya irritable bowel syndrome (IBS), kram perut, mual, muntah, dan perut kembung. Nah termasuk sensasi panas yang disebabkan mengonsumsi makanan pedas.

Pasalnya, peppermint mengandung zat antinyeri yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada perut panas. Tak hanya sebagai penghilang rasa panas seusai mengonsumsi makanan pedas, namun peppermint juga dapat membantu mengurangi gejala mulas, asam lambung naik, muntah, sakit kepala karena sakit perut. Sebaiknya konsumsi teh peppermint selagi masih hangat untuk menenangkan perut.

Minum Jahe

Ilustrasi minuman teh jahe. (Special)

Ya, jahe memang dikenal sebagai obat herbal yang dapat menghangatkan tubuh. Jahe juga dikenal sebagai obat herbal yang meringankan berbagai masalah perut, salah satunya adalah sensasi panas seusia makan pedas. Beberapa orang enggan mengonsumsi jahe seusai makan pedas.

Pasalnya, banyak orang yang mengira, perut panas ditambah minuman pedas membuat perut semakin tidak karuan. Namun persepsi seperti itu adalah hal yang keliru. Sebaliknya, jahe dapat menjadi obat bagi perut panas akibat mengonsumsi makanan pedas. Selain itu, jahe juga bisa dikonsumsi untuk mengobati berbagai gangguan perut.

Di antaranya, muntah, mual, mulas, dan mabuk perjalanan. ahe sendiri bisa dikonsumsi dalam banyak bentuk, mulai dari tablet kunyit, kapsul herbal, atau teh. Untuk teh sendiri, irisan jahe segar bisa dimasukkan ke dalam secangkir air panas.

Minum Madu Mentah

Foto: Ladiestory.id

Madu mentah juga bisa menjadi salah satu cara mengobati perut dari sensasi panas akibat mengonsumsi makanan pedas. Pasalnya, madu mentah mengandung enzim, termasuk enzim pencernaan seperti diastases, invertases, protease yang membantu memecah pati, gula, dan protein.

Jika mengonsumsi banyak karbohidrat dan protein dengan rasa pedas dan membuat perut sakit, minumlah sesendok madu mentah untuk melancarkan proses pencernaan. Madu mentah juga dapat menetralkan capsaicin di perut. Hal ini dikarenakan gula dalam madu mentah akan menyerap minyak pedas yang menghentikan sensasi panas di perut.

s