Dikenal sebagai Pengganti Nasi, Yuk Kenali Kandungan Sehat pada Oatmeal

Senin, 22 Agustus 2022 | 00:01:00

Dikenal Sebagai Pengganti Nasi, Yuk Kenali Kandungan Sehat Pada Oatmeal

Oatmeal (Special)

Ladiestory.id - Oatmeal berasal dari biji-bijian yang mengandung sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang tinggi. Oleh sebab itu, kamu tak perlu ragu dengan manfaat oatmeal untuk kesehatan. Biasanya oatmeal dikonsumsi dengan cara direbus bersama air atau susu sesuai selera. Berikut kandungan oatmeal yang baik untuk tubuh. 

Serat 

Oatmeal (Special)

Oatmeal sudah dikenal sebagai santapan lezat bagi yang sedang menjalani program diet. Oatmeal dibuat dari gandung yang kaya akan serat dan bebas lemak jenuh. Hal ini menjadikan oatmeal makanan yang baik untuk dikonsumsi saat diet.

Takaran ideal oatmeal untuk diet adalah sekitar 64 gram. Biasanya oatmeal disajikan pada sarapan pagi, namun kamu bisa menikmatinya di malam hari. Namun, perhatikan selalu untuk mengonsumsi oatmeal dengan batas waktu tertentu. Jika salah mengelola oat meal akan menyebabkan berat badan meningkat.

Beta Glucan

Oatmeal (Special)

Kandungan beta glucan tinggi pada oatmeal sangat baik untuk proses pencernaan makanan. Kandungan beta glucan mampu menurunkan kolesterol jahat hingga 7% dan mencegah kolesterol. Hal ini disebabkan karena serat yang terkandung pada oatmeal akan menyerap kolesterol dari usus ke dalam darah.

Kadar lemak yang tinggi dapat berisiko membentuk radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit. Seperti penyakit radang sendiri, jantung, stroke, hipertensi hingga kanker. Oleh sebab itu, kamu bisa rutin mengonsumsi oatmeal di pagi hari sebagai pengganti roti atau nasi. Kamu juga bisa kreasikan untuk menambahkan buah atau buah-buah yang telah dikeringkan.

Avenanthramide

Oatmeal (Special)

Manfaat lainnya dari oatmeal adalah mencegah penyakit jantung. Karena oatmeal mengandung avenanthramide yang merupakan zat antioksidan untuk mencegah tersumbatnya pembulu darah.

Oleh sebab itu, oatmeal sebagai alternatif makanan untuk cegah risiko penyakit jantung. Menurut para ahli, mengonsumsi oatmeal akan membantu saat pemulihan kondisi setelah serangan jantung.

Senyawa Saponin

Oatmeal (Special)

Tak hanya kesehatan pada tubuh, oatmeal juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan senyawa saponin mempu menghilangkan kotoran dan minyak kotor dari pori-pori kulit. Selain itu, oatmeal juga dapat mencegah sel kulit mati.

Ini baik untuk kesehatan kulit wajah agar tampil fresh, terhindar dari penuaan. Tak hanya dikonsumsi, oatmeal juga kerap menjadi bahan untuk masker pada wajah. Karena kandungan oat meal memiliki vitamin E yang bantu perbaiki perubahan warna kulit. Sehingga oatmeal akan bantu mencerahkan kulit wajahmu.

Vitamin E 

Oatmeal (Special)

Menurut studi National Institute of Health, orang tua yang memberikan oatmeal pada anak sebelum memasuki 5 tahun akan mengurangi risiko penyakit asma dan alergi pada anak. Karena oatmeal mengandung vitamin E yang baik untuk penderita asma. selain itu, oatmeal akan mencegah peradangan saluran pernapasan yang bisa menyebabkan susah nafas atau nyesek di dada.

Itulah 5 kandungan oatmeal untuk kesehatan, kamu bisa mengkreasikan oatmeal dengan menambahkan topping sesuai selera loh.