Yuk Kurangi Nafsu Makan Untuk Hidup yang Lebih Baik

Selasa, 21 Desember 2021 | 20:20:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Yuk Kurangi Nafsu Makan Untuk Hidup Yang Lebih Baik

Ilustrasi perempuan konsumsi makanan sehat. (Special)

Ladiestory.id - Setiap orang memang memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengendalikan nafsu makan. Faktor yang memengaruhi nafsu makan antara lain aktivitas fisik, pola istirahat, dan pola makan yang kurang baik. Jika Kamu bingung ingin mulai dari mana, penjelasan di bawah ini bisa membantu. 

7 Cara Mengurangi Nafsu Makan Untuk Kesehatan Tubuh 

Nafsu makan yang terlampau tinggi dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan risiko penyakit diabetes. Jika Kamu sedang mengalami kesulitan mengendalikan nafsu makan, coba terapkan cara-cara mengurangi nafsu makan berikut ini:

Jangan Lewatkan Sarapan

Ilustrasi menu sarapan. (Special)

Sarapan di pagi hari memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya untuk memberikan energi yang cukup bagi tubuh untuk memulai aktivitas dan mengurangi porsi makan yang berlebihan di siang hari. Pastikan menu sarapanmu mengandung gizi yang cukup, seperti serat, karbohidrat kompleks, protein, dan vitamin.

Perbanyak Minum Air Putih

Ilustrasi minum air putih. (Special)

Cara mengurangi nafsu makan berikutnya adalah dengan meminum banyak air putih. Terkadang tubuh bisa salah mengartikan sinyal dari otak. Misalnya, otak yang sedang mengirim sinyal haus, tapi disalahartikan sebagai rasa lapar. Hal ini dapat memicu nafsu makan berlebih.

Untuk menghindarinya, cobalah konsumsi air putih, terutama sebelum makan. Dengan begitu, nafsu makan pun lebih terkendali.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat dan Protein

Kandungan serat pada makanan dapat menimbulkan rasa kenyang yang lama karena serat membuat pencernaan bekerja lebih lambat. Selain serat, protein juga dapat membuat tubuh terasa kenyang lebih lama. Maka dari itu, makanan yang kaya akan serat dan protein dapat mengurangi nafsu makan. Contoh makanan yang mengandung serat dan protein antara lain daging, ikan, telur, buah, sayur, agar-agar, dan kacang-kacangan. Pastikan menu makanan harianmu mengandung kedua zat ini, ya!

Berolahraga Secara Rutin

Ilustrasi perempuan berolahraga. (Special)

Tahukah Kamu ternyata berolahraga juga mampu menekan nafsu makan? Dilansir dari situs Healthline, olahraga dapat mengurangi hormon rasa lapar sehingga tubuh akan merasa lebih cepat kenyang. Selain itu berolahraga juga dapat mengendalikan pekerjaan otak yang mengatur nafsu makan.

Makan Menggunakan Piring yang Lebih Kecil

Menggunakan piring yang kecil untuk makan dapat membantumu mengurangi porsi makanmu secara tidak langsung. Cara makan seperti ini mampu menekan porsi makan tanpa merasa kelaparan. Cukup mudah, kan?

Makan Secara Perlahan dan Penuh Kesadaran

Selain pola makan, ternyata kebiasaan saat makan bisa berpengaruh kepada peningkatan nafsu makan, lho. Makan dengan penuh kesadaran terbukti dapat memberikan rasa kenyang. Makan secara perlahan juga mampu mengurangi asupan kalori dan membuat momen makan menjadi lebih nikmat.

Tidur yang Cukup

Ilustrasi perempuan tidur. (Special)

 Tak hanya memerhatikan asupan makanan dan berolahraga, tapi durasi istirahat juga harus dijaga agar nafsu makan tetap terkendali. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang kurang tidur nafsu makannya meningkat sebesar 24 persen dan mengalami peningkatan hormon rasa lapar hingga 26 persen. Istirahatlah setidaknya 7 jam untuk mengurangi nafsu makan sekaligus mengurangi risiko obesitas.