Pentingnya Self-Reward untuk Kesehatan Mental dan Produktivitas

Selasa, 23 November 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Pentingnya Self-Reward Untuk Kesehatan Mental Dan Produktivitas

Foto: Kompas

Ladiestory.id - Self-reward bisa jadi cara untuk menyenangkan diri sendiri. Akhir-akhir ini, self-reward lagi menjadi topik yang hangat dibicarakan di media sosial.

Self-reward dianggap krusial sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras dan usaha yang dilakukan selama beberapa waktu. Walaupun masih dianggap sepele, ternyata self-reward itu penting untuk memotivasi diri agar lebih semangat lagi kerjanya.

Manfaat Self Reward untuk Kesehatan Mental dan Produktivitas

Nah sebenarnya, self-reward itu untuk apa lagi sih selain memotivasi diri? Berikut ini alasan pentingnya self-reward untuk kesehatan mental dan produktivitas.

1. Self-Reward Adalah Bentuk Apresiasi bagi Diri Sendiri

self reward
Foto: Ladiestory.id

Setelah bekerja keras sekian lama, saatnya kamu memberikan apresiasi kepada dirimu dengan memberikan self-reward. Self-reward merupakan bentuk penghargaan karena kamu berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Self-reward tentunya akan membuatmu berbahagia dan memberikan suntikan semangat untuk bekerja keras kembali.

2. Self-Reward sebagai Motivasi untuk Mencapai Target

Self-reward bisa dijadikan sebagai insentif yang dapat memacu dirimu untuk memenuhi target yang telah kamu buat. Dengan menerima self-reward, secara tidak langsung kamu akan termotivasi untuk membuat pencapaian dan target baru demi mendapatkan sebuah ganjaran atau yang kini lazim disebut sebagai self-reward.

3. Self-Reward Dapat Mengatasi Rasa Jenuh dan Stres

Setres
Foto: SehatQ

Stres dan kejenuhan dapat menghambat produktivitas dan kemudian memengaruhi kondisi kesehatan mentalmu. Untuk mengatasi jenuh, kamu bisa memberikan self-reward pada dirimu berupa hal atau kegiatan yang membuat kamu senang.

Dengan mendapatkan hal yang kamu suka atau melakukan kegiatan yang kamu senangi, pikiranmu pun jadi segar kembali dan siap untuk kembali produktif dengan energi positif yang kamu dapatkan dari self-reward.

4. Bentuk Cinta pada Diri Sendiri

Self-reward umumnya berbentuk sebuah benda atau kegiatan yang membuat kamu bahagia. Hal ini secara tak langsung membuatmu semakin mengenal dirimu sendiri.

Pengenalan yang baik akan diri sendiri menjadi pertanda bahwa kamu mulai mencintai dirimu sendiri. Sudahkah kamu tentukan self-reward yang membuatmu bahagia?

Tips Memberikan Self-Reward

Tadi kamu sudah mengetahui beberapa manfaat self-reward untuk kesehatan mental dan produktivitas. Namun, self-reward yang tak terkendali dapat memicu pemborosan, lho. Tentunya kamu tak mau kan self-rewardmu memengaruhi kondisi keuangan kamu?

Nah, kalau begitu coba terapkan tips memberikan self-reward berikut ini agar kamu dan dompetmu tetap bahagia:

1. Self-Reward yang Mudah Diperoleh dan Tetap Berkesan

Self reward
Foto: Kumparan

Cara pertama untuk memberikan self-reward adalah memilih bentuk self-reward yang mudah diperoleh. Hal ini bertujuan agar kebutuhan self-rewardmu dapat segera terpenuhi.

Memilih bentuk self-reward yang mudah diperoleh juga mempercepat datangnya kepuasan atas kerja keras dan motivasi untuk semakin produktif.

2. Sesuai dengan Tujuan

Saat memberikan self-reward pastikan hal itu sesuai dengan tujuan yang kamu tetapkan. Dengan begitu kamu akan membeli barang yang kira-kira mendekati tujuan hidupmu.

3. Membatasi Jenis Self-Reward

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, sebaiknya tentukan dulu budget yang pas untuk memilih barang kesukaanmu sebagai self-reward. Selain relevan dengan targetmu, keadaan keuanganmu pun tetap aman.

Demikianlah pentingnya self-reward untuk kesehatan mental dan produktivitas dan tips memberikan self-reward. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu, ya!