Sering Gunakan Lipstik Berlebih? Ini 5 Penyakit yang Bisa Timbul

Kamis, 7 Juli 2022 | 11:30:00

Sering Gunakan Lipstik Berlebih? Ini 5 Penyakit Yang Bisa Timbul

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan pewarna bibir. (Special)

Ladiestory.id - Bagi sebagian besar perempuan, lipstik wajib selalu dibawa ke manapun mereka pergi. Ya, lipstik saat ini memang menjadi sebuah magnet bagi setiap peremuan bukan hanya untuk kebutuhan penampilan, tapi juga untuk mengekspresikan diri. Apalagi, saat ini juga tersedia lipstik dengan macam-macam warna dan bentuk, sesuai dengan style setiap perempuan.

Namun, tahukah kamu bahwa penggunaan lipstik yang tidak sesuai atau tidak cocok juga bisa mengakibatkan berbagai macam gangguan atau penyakit? Rupanya, penggunaan lipstik berlebih berisiko menimbulkan penyakit yang menyerang bagian bibir, mulut hingga tenggorokan. Bahkan, juga bisa menyerang kandungan bagi ibu hamil dan juga penyakit pencernaan.

Hal ini terjadi karena dalam lipstik juga terdapat banyak kandungan zat kimia serta timbal yang bisa menyebabkan ketidakcocokan di bibir kamu. Lalu apa saja penyakit yang bisa ditimbulkan karena penggunaan lipstik yang berlebih atau tidak cocok dengan kondisi bibir kamu? Berikut Ladiestory.id merangkum beberapa penyakit dan gangguan dari pemakaian lipstik yang berlebih.

Herpes

Ilustrsi herpes di bibir akibat penggunaan lipstik berlebih. (Special)

Penyakit yang paling sering timbul dari penggunaan lipstik berlebih adalah Herpes. Ya, penyakit ini timbul dikarenakan tidak cocoknya bahan dasar lipstik saat bertemu dengan permukaan bibir atau kulit.

Dilansir Forbes, penyakit yang timbul karena virus HSV ini memang paling banyak didapat oleh setiap pengguna lipstik yang tidak cocok. Penyakit kulit ini sangat khas, yaitu dengan keluarnya bintik-bintik merah dengan sedikit air disekitar bibir. Penyakit ini membuat gatal dan kadang juga menimbulkan rasa tidak nyaman ketika makan dan minum.

Gangguan Janin

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Bahkan, laman India Parenting menyebut penyakit yang ditimbulkan akibat lipstik juga bisa mengakibatkan gangguan kepada janin.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa saat perempuan sedang hamil, disarankan untuk tidak menggunakan lipstik. Pasalnya, penggunan lipstik yang berlebih berisiko menyebabkan gangguan kepada janin.

Gangguan Pencernaan

Ilustrasi diare. (Special)

Penggunaan lipstik berlebih atau tidak cocok juga bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Hal ini karena timbal yang terkandung dalam lipstik mengakibatkam gangguan pencernaan, seperti diare.

Kanker Kulit

Ilustrasi perempuan mengalami penyakit pada bibir. (Special)

Menurut studi yang sudah dilakukan di sebuah universitas di Rusia dan Amerika Serikat, penggunaan lipstik yang tidak cocok juga bisa menyebabkan kanker pada kulit hingga gangguan endokrin pada tubuh.

Gangguan Ginjal

Pada kasus tertentu, lipstik yang mengandung zat kadmium bisa menyebabkan gangguan pada ginjal. Tak berhenti sampai di situ, penggunaan lipstik berlebih juga bisa menyebabkan tumor pada lambung.

Jadi, bagi kamu yang sering atau memang suka menggunakan lipstik, harus betul-betul mengerti efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan. Pilihlah lipstik dengan kandungan yang tidak berbahaya. Selain itu, segera konsultasikan ke dokter jika timbul gejala yang tidak biasa.