Segera Cek ke Dokter Jika Sering Sakit Kepala! Berikut Penyebab dan Gejalanya

Senin, 29 November 2021 | 08:15:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Segera Cek Ke Dokter Jika Sering Sakit Kepala! Berikut Penyebab Dan Gejalanya

Foto: halodoc

Ladiestory.id - Semua orang tentu pernah mengalami sakit kepala. Ya, sakit jenis ini merupakan gejala umum yang dapat terjadi karena beragam keadaan, contohnya saja saat kamu kurang minum atau makan. Namun sayangnya, bagaimana bila kamu sakit kepala? Berikut ini adalah penyebab kamu sering sakit kepala.

Apakah Normal Sering Sakit Kepala?

Sakit kepala merupakan keluhan nyeri yang lumayan ringan. Tetapi bila kamu terlalu sering mengalami ini, ini pastinya bukan hal yang normal.

Dikutip dari Mayo Clinic, jika kamu merasakan sakit kepala setiap hari atau setidaknya 15 hari berturut-turut atau lebih dalam sebulan, kamu dapat dianggap mengalami sakit kepala kronis. Keadaan ini bahkan bisa berlangsung berbulan-bulan, sedikitnya 3 bulan.

Pada satu hari, durasi sakit kepala yang dialami pun berbagai macam. Dapat berlangsung dalam durasi yang lumayan lama atau bahkan sebentar saja – kurang dari empat jam. Jenis sakit kepala ini dinamakan dengan sakit kepala primer.

Foto: klikdokter

Apa Penyebab Sakit Kepala Setiap Hari?

Jenis sakit kepala primer yang hingga sekarang ini belum diketahui penyebabnya. Bahkan sejumlah ahli menyatakan jika kondisi ini dapat saja terjadi tiba-tiba pada orang yang tidak mempunyai riwayat penyakit apapun.

Sedangkan, jika kamu tidak mengalami gangguan sakit kepala primer, lantas penyebab sakit kepala setiap hari tersebut dapat saja disebabkan oleh beberapa keadaan sebagai berikut:

1. Perubahan tekanan maupun volume dalam cairan di tulang belakang. Hal ini umumnya terjadi saat seseorang melakukan tindakan pengambilan cairan tulang belakang.

2. Meningitis, yakni infeksi virus yang menyerang selaput otak serta tulang belakang, sehingga mengakibatkan gejala sakit kepala setiap hari.

3. Cedera di area kepala. Keadaan ini dapat memicu nyeri sekitar kepala setiap hari.

4. Penggumpalan darah di otak, tergolong stroke.

5. Tumor otak, salah satu gejalanya disertai dengan sakit kepala.

Umumnya kondisi-kondisi medis tersebut pun menimbulkan sejumlah gejala selain sakit kepala, semacam kelelahan atau penurunan fungsi kognitif.

Gejala Sering Sakit Kepala Sesuai Penyebabnya

Kamu kerap mengalami sakit kepala, hingga nyeri dapat terjadi selama 15 hari, sebulan, bahkan lebih. Gejala sakit kepala harian maupun sakit kepala primer juga memiliki perbedaan sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

1. Migrain kronis

Saat kamu kerap sakit kepala, terdapat kemungkinan ini pertanda dari migrain kronis. Migrain dapat membuat kamu merasakan sensasi berdenyut, mempengaruhi satu sisi maupun kedua sisi kepala, dan rasa sakit yang tengah sampai berat. Tidak hanya itu saja, kamu pun dapat merasakan mual, muntah, serta sensitif terhadap suara juga cahaya.

2. Sakit kepala tipe ketegangan kronis

Sakit kepala tegang umumnya memberikan gejala semacam:

- Mempengaruhi kedua bagian kepala.

- Mengakibatkan rasa sakit maupun nyeri yang ringan hingga sedang.

- Menyebabkan rasa sakit yang terasa semacam menekan kepala, mengencang, tapi tidak terasa berdenyut.

3. Sakit kepala persisten harian

Jenis yang satu ini muncul secara tiba-tiba meskipun kamu tidak mempunyai riwayat setiap hari. Gejala yang dialami yaitu rasa nyeri yang konstan dalam waktu tiga hari sejak hari pertama. Tidak hanya itu saja, kamu pun dapat merasakan:

- Mempengaruhi kedua bagian kepala kamu.

- Mengakibatkan rasa sakit yang terasa semacam menekan, mengencang, namun tidak berdenyut.

- Akan terasa rasa sakit yang ringan hingga sedang.

- Mungkin ada gejala migrain kronis atau tipe ketegangan kronis.

4. Hemicrania continua

Jenis sakit kepala yang kali ini hanya mempengaruhi satu bagian. Tidak hanya itu saja, kamu pun dapat merasakan rasa sakit terus menerus tanpa periode yang dapat dipastikan. Gejala lainnya yaitu:

- Rasa sakit yang terasa sedang dan semacam ditusuk duri

- Menjadi lebih parah jika terdapat gejala lain semacam migrain.

- Kemerahan di bagian mata.

- Hidung menjadi tersumbat serta mengalami pilek.

- Merasakan kegelisahan.

Jika kamu mengalami gejala gejala di atas segera konsultasikan ke dokter, ya!